Cara Mengetik Tulisan Cina Di Windows

Cara Mengetik Tulisan Cina Di Windows

Microsoft telah mengintegrasi fitur bahasa di Windows yang memungkinkan pengguna untuk mengetik lebih dari satu bahasa. Seperti yang kita tahu bahwa bahasa default pada kebanyakan sistem operasi adalah bahasa Inggris, namun pengguna yang menggunakan versi Windows apapun memiliki pilihan untuk mengetik dalam beberapa bahasa lain.

Cara Mengetik Tulisan Cina Di Windows

Menyadari kebutuhan komputasi dan berkomunikasi di China, negara dengan populasi terbesar, Microsoft pun serius menambahkan opsi untuk mengetik dalam bahasa Cina pada Windows. Proses konversi bahasa dari bahasa Inggris ke Cina sangat  sederhana dan memerlukan tidak lebih dari beberapa klik.

INSTRUKSI

  1. Klik pada tombol start di pojok bawah kiri layar untuk membuka menu start. Carilah “Control Panel” di kolom kanan menu dan klik untuk membuka jendela Control Panel.
  2. Jika Control Panel diatur ke “Category View” maka cari “Date, Time, Language, and Regional Options” tetapi jika diatur ke “Classic View” maka carilah “Regional and Language Option”. Setelah Anda menemukannya, klik. Maka dengan mengklik opsi tersebut di ” Category View ” akan membawa Anda ke menu yang lain, di mana Anda harus mengklik pilihan yang sama yang Anda klik di “Classic View”.
  3. Pada jendela “Regional dan Language Options” , tab “Regional Option” akan dipilih secara default. Klik pada tab “Language” untuk beralih ke pilihan bahasa.
  4. Klik tombol “Details” di bagian ” Text services and input languages “. Pada jendela baru, cari tombol “Add” dan klik.
  5. Klik pada menu drop-down “Input language ” dan pilih ” Chinese ” dan klik “OK”. Anda akan dibawa kembali ke jendela ” Text Services and Input Languages ​​”. Jika Anda tidak dapat menemukan bahasa Cina pada komputer Anda, cari ” Install files for East Asian languages ” dalam ” Supplemental language support ” pada jendela “Regional dan Language Options”, klik “OK” dan reboot Anda komputer. Setelah Windows reboot, kembali ke jendela ” Text Services and Input Languages ​​” dan klik “Add”. Anda akan menemukan “Chinese” yang tercantum dalam bahasa input yang dapat Anda pilih.
  6. Dalam “Preferences” pada bagian bawah, klik “Language Bar” dan centang kotak di samping ” Show the Language bar on the desktop “. Jika Anda ingin menyesuaikan bar lebih jauh, Anda dapat melakukannya dari sini.
  7. Carilah language bar pada task bar. Klik di atasnya dan ubah dari bahasa Inggris, yaitu “EN,” ke Cina, yaitu “CH”.
  8. Buka Microsoft Word atau Notepad dan mulai mengetik dalam bahasa Cina menggunakan keyboard Anda.
About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*