5 Perintah Networking pada Command Prompt

Ipconfig

Apakah anda sering menggunakan fasilitas Command Prompt? Atau bahkan tidak pernah menggunakannya? Berikut ini adalah beberapa fasilitas command prompt yang bisa anda gunakan yang berhubungan dengan network komputer. Anda sebenarnya tidak perlu menginstal software untuk sekedar mengetahui rute ke suatu situs. Cukup gunakan tips di bawah ini:

1. Ipconfig

Ipconfig

Untuk mahasiswa Teknik Komputer Jaringan pasti sudah tahu dan sering sekali menggunakan fasilitas ini. Ipconfig merupakan perintah yang digunakan untuk mengamati detail jaringan anda, termasuk di dalamnya adalah alamat ip, alamat MAC, alamat broadcast, gateway dan sebagainya. Jika anda lebih sering menggunakan control panel untuk melihat ip, mulai sekarang gunakanlah command prompt karena lebih singkat dan efisien. Melihat detail jaringan seperti sangat penting ketika anda hendak mengatur koneksi pada network tertentu misalnya untuk menghindari crash ip.

2. Ipconfig /flushdns

Ipconfig-flushdns

Bila anda sering menggonta ganti DNs, mungkin untuk kepentingan mempercepat koneksi internet, namun tidak ada efeknya sama sekali, mungkin anda masih terjebak pada DNS sebelumnya. Karena Windows memanfaatkan cache DNS untuk pengiriman data yang lebih hemat waktu saat mengakses alamat yang sama, anda perlu membersihkan cache DNS tersebut dengan perintah ipconfig /flushdns jika mengganti DNS server.

3. Ping

Ping

Bagi yang menggunakan fasilitas BBM pasti sudah akrab ya dengan yang satu ini? Ya, ping merupakan perintah untuk mengecek koneksi ke suatu alamat ip. Pada Command Prompt ketikkan ping[spasi]alamat situs, contohnya ping google.com. /atau bisa juga dengan ping[spasi]ip addressnya, contohnya ping 202.70.58.20. Kalau keterangannya reply, maka anda anda terkoneksi. Namun jika hasilnya adalah RTO (Request time out) maka anda tidak terkoneksi dnegan alamat tersebut.

4. Tracert

Tracert

Tracert merupakan perintah untuk melihat rute yang dilalui saat menuju situs tertentu. Loh, kok ada rutenya? Mirip sepert jalan, pasti ada persimpangan-persimpangan. Anda juga akan melalui beberapa router untuk menuju ke suatu sever. Misalnya untuk melihat alamat-alamat yang digunakan facebook, anda bisa mengecek dengan ketikkan perintah tracert[spasi]facebook.com. Nantinya akan ada list alamat-alamat router yang digunakan hingga menuju server.

5. Netstat -an

Netstat -an

Netstat berfungsi menampilkan berbagai jenis network statustik. Perintah ini memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah netstat –an yang bisa menampilkan list network yang terbuka pada jaringan komputer anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*