Tips Manajemen Catatan Sekolah dengan Microsoft One Note

Tips Manajemen Catatan Sekolah dengan Microsoft One Note

Salah satu aplikasi yang dapat difungsikan sebagai pencatat tugas sekolah adalah Microsoft One Note 2010. Aplikasi ini biasanya sudah terinstal langsung dengan satu paket Microsoft Office lain. Sebagai pelajar, tentunya akan sangat sering berhubungan dengan guru, tugas-tugas, laporan, esai dan sebagainya. Tentunya, siswa harus punya catatan sebagai reminder terutama jika tugas dan catatan pelajaran sangat banyak.

Tips Manajemen Catatan Sekolah dengan Microsoft One Note

Namun saking banyaknya malah dapat tercecer maupun tidak praktis. Nah, di sinilah fungsi utama One Note. One Note membantu untuk pengumpulan ide, referensi serta catatan dalam satu aplikasi. Hal ini akan menghemat waktu serta tempat.

Dalam One Note dikenal beberapa istilah yaitu Notebook (sebutan untuk catatan), Yang dibagi menjadi Section (Seperti kategori) yang masing-maisng terdiri dari beberapa page.

Pengguna juga dapat melakukan tracking atau pelacakan dari catatan yang dibuat. Berikut ini adalah tutorial singkat One Note ntuk menyiapkan kebutuhan sekolahmu.

  1. Buatlah File One Note dengan cara klik File > New > Klik My Computer untuk menyimpannya dalam komputer > Tulis nama catatanmu > Tentukan folder penyimpanannnya > Klik Create Notebook.
  2. Masukkan nama mata pelajarannya dengan cara klik tab yang bertanda bintang dan beri nama sesuai yang diinginkan.
  3. Buat halaman untuk isi section. Sebaiknya judulnya ditulis dengan nama yang mudah diingat untuk mempermudah tracking jika suatu saat dibutuhkan. Contohnya untuk pelajaran Matematika, anda bisa menuliskan beberapa bagian pada pagenya: Materi Integral, Materi Turunan, Soal PreTest, Theorema khusus, dsb yang bisa membuat anda lebih mudah untuk belajar dan mudah untuk diingat atau dicari.
  4. Untuk mempercantik tampilan, anda bisa menggunakan template. Klik tombol dropdown pada New Page > Klik Page Templates > Gunakan Teemplate yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat menggambar, menambahkan highlighter, tulisan yang beraneka ragam menggunakan menu Draw.
  5. Untuk menyisipkan gambar, tabel, suara, simbol-simbol dan lain sebagainya gunakanlah Menu Insert.
  6. Dan kelebihannya lagi, One Note mengijinkan pengguna untuk sharing catatan. Menggunakan Menu Share, pengguna dapat mengirim catatan melalui email maupun ke website.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*