Tips Mempercepat Booting Windows 8

Tips Percepat Startup Windows 8

Jika anda adalah seseorang yang mobile dan sering sekali menggunakan Notebook, pasti akan sangat menjengkelkan menunggu booting dan startup yang lama. Nah, untuk hal ini Windows 8 telah menyediakan fitur baru yang bernama Fast Startup.

Fitur ini memungkinkan startup notebook berjalan lebih cepat daripada biasanya sebab seluruh informasi sistem telah disimpan pada sebuah file ketika melakukan shutdown. Sangat membantu bukan? Meskipun demikian anda harus tahu caranya untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan Fitur Startup serta harus mengetahui apakah notebook memerlukan reboot atau tidak.

Tips Percepat Startup Windows 8

Sudah lazim bahwa kita harus merubah beberapa pengaturan pada sistem yang mungkin mengharuskan merestart sistem dan melakukan booting kembali. Ketika Fast Startup sedang diaktifkan, proses shutdown maupun reboot tidak akan memberi efek dan perubahan pada sistem. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, anda harus menonaktifkan Fast Startup di Settingsnya. Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan Fast Startup di Windows 8:

  1. Bukalah start screen > tuliskan  Power Option > klik pada tab settings di sebelah kanan di bawah kotak search > Pilihlah Change what the power buttons do. Langkah ini juga bisa dilakukan dengan masuk ke Control Panel > Power Options > System Settings.
  2. Pada halaman System Settings, scroll layar ke bawah > Anda akan menemukan pengaturan Shutdown > Hapus tanda centang di opsi Turn on fast startup > Klik Save changes. Langkah ini akan mengembalikan startup anda menjadi normal (tidak dipercepat).
  3. Tetapi jika pada bagian Shutdown Settings masih tidak bisa diklik centangnya (berwarna abu-abu), maka scroll lagi layar ke atas dan klik pada Change settings that currently unavailable agar bisa mengubahnya > Klik Save changes untuk menyimpan perubahan.
  4. Karena Fast Startup sudah di non aktifkan, maka booting pada Windows 8 akan sedikit lebih lama. Biasanya dampaknya tidak akan terasa untuk komputer dengan spesifikasi kualitas yang bagus.  Namun pasti akan sangat terassa bagi komputer yang diinstal banyak program berat.

Semoga informasi Tips Mempercepat Booting Windows 8 ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*