Cara Membuat Animasi Gift Di Photoshop

Cara Membuat Animasi Gift Di Photosho

Cara Membuat Animasi Gift Di Photosho

 

Gambar diam pada website dengan cepat digantikan oleh animasi GIF selama beberapa tahun terakhir. Ada banyak cara untuk membuat animasi GIF, salah satunya dengan menggunakan Adobe Photoshop. Anda bisa menggunakan gambar individu untuk membuat animasi GIF yang mana ini merupakan metode yang relatif memakan waktu. Atau, Anda juga dapat menggunakan klip video pendek yang jauh lebih mudah dilakukan.

Ikuti instruksinya dibawah ini :

1. Jalankan photoshop CS 3 atau yang terbaru

2. Klik pada tombol ‘File’, arahkan ke ‘Impor’ dan kemudian klik ‘Video Frames to Layers’. Pastikan bahwa video yang Anda impor memiliki maksimum 500 frame. File film dengan frame lebih perlu dipangkas sebelum mereka dapat diimpor di Adobe Photoshop.

3. Anda dapat membuat semua yang diperlukan diubah dari Import Video to Layers’ window. Di bawah ‘Range to Import’, pilih dari tiga pilihan; ‘From Beginning To End’, ‘Selected Range Only’ dan ‘Limit to Every [n] Frames’. Jika Anda memilih yang pertama dari tiga pilihan, semua frame dalam film  hingga maksimal 500 frame akan diimpor. Pilihan kedua akan memungkinkan Anda untuk memilih awal dan akhir secara manual sedangkan memilih pilihan ketiga akan memotong frame dalam klip video yang sedang Anda impor setidaknya setengah.

4. Karena tujuan Anda adalah untuk membuat animasi GIF, centang pada ‘Make Frame Animation’ dari jendela ‘Import Video to Layers’.

5. Klik tombol ‘OK’ dan klip video akan diimpor dalam hitungan detik dengan setiap frame ditambahkan ke layer yang terpisah

6. Jika Anda berencana untuk menambahkan efek khusus, gunakan adjustment layers Photoshop. Anda dapat men-tweak pengaturan warna setiap layer, mengubah kecerahan, kontras dan banyak lagi. Ingat untuk tidak buru-buru waktu saat melakukan langkah ini karena Anda mengininkannya berubah sempura.

7. Untuk membuat perubahan pada layer individu, klik frame dalam timeline yang diinginkan dan kemudian klik layer yang sesuai. Pada titik ini, Anda dapat menambahkan efek, membersihkan noise atau melakukan apapun yang Anda inginkan.

8. Bila Anda puas dengan perubahan itu dan tidak ingin membuat lebih, klik tombol ‘File’ dan kemudian klik ‘Save’. Pilih ukuran dan pilihan output yang diinginkan dan kemudian klik tombol ‘OK’.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

1 Comment on Cara Membuat Animasi Gift Di Photoshop

  1. mtp bngt gan tutor x,,gan ane ga tau cara download photoshop x n cara instal x,ane mnta pncrahan x mksh gan sblm x,,

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*