Ini Dia, 8 Alasan Twitter tak Bisa Saingi Facebook

facebook-vs-twitter

Siapa sih yang tidak mengenal twitter? Jejaring sosial yang populer setelah Facebook ini telah menjadi sosial media yang populer. Namun ternyata si jejaring sosial dengan Twitter kini menjadi jejaring sosial populer. Namun ternkon burung berkicau ini belum mampu menyaingi kesuksesan Facebook. Setelah Facebook berhasil go public pada Mei 2013, Twitter juga dikabarkan akan melakukan hal yang sama. Meskipun demikian, masih susah juga Twitter menyamai Facebook sebagai rajanya jejaring sosial dunia.

facebook-vs-twitter

Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan twitter belum bisa mengalahkan jejaring sosial yang digawangi oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya itu. Beberapa diantaranya adalah 8 faktor di bawah ini :

1. Income

Pada tahun 2012, Twitter memperoleh total pendapatan  mencapai USD317 juta, dengan kontribusi iklan sekira USD269 juta. Selama semester pertama tahun 2013 total pendapatannya meraih USD253 juta, dengan kontribusi iklan mencapai USD220 juta.

Sedangkan Facebook pada tahun lalu meraih USD5,4 miliar dalam pendapatan fiskalnya. Pada quartal kedua 2013,si jejaring sosial dengan warna dominan biru ini mengantongi USD1,8 miliar ditambah lagi USD656 juta dari iklan perangkat mobile.

Selama dua quartal, Facebook bahkan mencapai laba sebesar USD488 miliar dengan rata-rata pendapatan per pengguna di AS dan Kanada sebesar USD4,32;  Eropa senilai USD1,87; dan Asia sebesar USD0,75. Wow, benar-benar fantastis. Nampaknya Twitter masih harus bekerja keras untuk mengejar pencapaian Facebook.

2. Pengguna aktif bulanan

Jumlah pengguna aktif bulanan Twitter adalah 232 juta pengguna sedangkan rivelnya Facebook mencapai angka yang menakjubkan yaitu 1,189 miliar akun.

 3. Pengguna mobile aktif bulanan

Pengguna aktif Twitter via mobile mencapai 176,3 juta per bulannya sedangkan Facebook mengantongi 874 juta akun aktif.

4. Lama waktu membuka situs

Rata-rata pengguna Twitter akan online sekitar 12,51 menit sedangkan pengguna Facebook rata-rata akan online 22,52 menit.

5. Pendapatan per pengguna

Penghasilan raata-rata pengguna Twitter baru mencapai US$0,73. Wah,belum mencapai angak 1 ya ternyata. Rivalnya Facebook yang lebih senior bahkan mencapai angka US$1,72 untuk penghasilan per penggunanya.

6. Pangsa pasar iklan mobile

Jika Facebook sudah menguasai pangsa pasar mobile sebesar 15.8%, maka Twitter baru menguasai pasar mobile sebesar 1,9%. Perbandingan yang cukup mencolok.

7. Keuntungan bersih

Jika Twitter harus menelan ludah karena sepanjang 2013 merugi dengan angka minus US$134 juta , lain halnya dengan rivalnya yang masih bisa berbangga dengan laba bersih senilai US$977 juta.

8. Fans Fanatik yang Populer

Beberapa  bintang yang memanfaatkan Facebook maupun Twitter sebagai wadah berkumpulnya penggemar mereka seperti Rihanna maupun Katty Perry sepertinya harus mempertimbangkan di media mana mereka akan lebih aktif. Fanpagenya Rihanna berhasil menggaet  79,9 juta fans. Sedangkan di Twitter Katy Perry hanya mendapat follower sejumlah 46, 5 juta.

2 Comments on Ini Dia, 8 Alasan Twitter tak Bisa Saingi Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*