Cara Membangun Portofolio Online

Cara Membangun Portofolio Online

Jika Anda adalah penulis lepas, fotografer atau seorang desainer grafis, Anda harus membangun sebuah portofolio online tidak hanya untuk menyimpan pekerjaan Anda di satu tempat, tetapi yang lebih penting, untuk berbagi klien potensial Anda.

Cara Membangun Portofolio Online

 

Ada banyak website yang menyediakan blogging dan layanan desain gratis. Para pengguna dapat dengan mudah membangun portofolio mereka dengan meng-upload teks atau desain grafis di blog mereka.

WordPress dan Blogger adalah platform yang paling banyak digunakan di mana Anda dapat membuat portofolio Anda sendiri. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan layanan premium mereka, tetapi untuk itu Anda harus mengeluarkan uang.

Instruksi

1. Buat Blog

Pertama-tama, Anda harus membuat sebuah blog. Anda dapat membuat blog di situs web apapun. Situs-situs blogging yang paling terkenal termasuk Blogger, WordPress dan Tumblr. Namun, Blogger akan menjadi pilihan yang baik jika Anda sudah memiliki akun Google. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah berbagi posting blog Anda, yang dapat mencakup konten, desain dll, di Google+ Anda. Anda juga dapat berbagi posting blog Anda di jaringan sosial lain dengan mengintegrasikan account Anda.

2. Berikan judul untuk blog Anda

Setelah membuat blog Anda, Anda harus memberikan judul. Judul harus sesuai dengan portofolio Anda. Selanjutnya, hal itu akan membantu dalam menampilkan blog Anda berada di hasil atas mesin pencari. Selain itu, judul blog Anda harus cocok dengan alamat website Anda.

3. Pilih template blog Anda

Jika Anda menggunakan layanan blogging gratis, Anda dapat memilih template dari daftar default. Namun, jika Anda ingin membuat template Anda sendiri, Anda harus mendapatkan account pro dengan membayar sejumlah uang secara online.

4. Mulai posting di blog Anda

Setelah memilih template yang tepat untuk blog Anda, Anda harus mulai posting di blog tersebut. Sebelum mengirim posting apapun, pastikan bahwa segala sesuatu di blog Anda telah disesuaikan dengan benar. Sebagai contoh, font, warna, layout dan latar belakang halaman Anda sesuai dengan template. Kemudian,posting konten Anda dan berbagi di semua akun jejaring sosial Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mempromosikan portofolio Anda di blog.

5. Jaga blog Anda agar tetap up-to-date

Untuk menjalankan sebuah blog yang sukses dan untuk menjaga portofolio online yang baik, Anda harus tetap up-to-date dengan konten terbar

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*