Cara Aktifkan Fitur Hibernate pada Windows 8

Fitur-Hibernate-pada-Windows-8

Hibernate merupakan salah satu bagian dari manajemen power yang merupakan fasilitas untuk mengurangi atau menambah konsumsi power sesuai kebutuhan. Pada intinya fasilitas ini memungkinkan kita melakukan efisiensi pada penggunaan energi. Hibernate menjadi fasilitas istimewa bagi user yang lebih menyukai spontanitas, hemat waktu, dan menyukai hemat energi. Karena, dengan fasilitas ini user dapat mematikan laptop, dan menyalakan lagi dalam keadaan program-program running seperti sebelum dimatikan. Mirip dengan shutdown, bedanya memori atau RAM sudah disalin ke hardisk dan bisa dipanggil kembali dengan cepat saat komputer dinyalakan. Supply power untuk komponen–komponen tertentu dimatikan, dan tidak mensuplay pula untuk RAM. Dengan cara ini anda tidak saja menghemat energi tetapi juga sangat menghemat waktu.

Fitur-Hibernate-pada-Windows-8

Hibernate dan shutdown memiliki perbedaan dengan mode stand by. Pada mode shutdown dan hibernate seluruh komponen PC atau Laptop diputus aliran listriknya. Namun pada stand by aliran listrik masih dialirkan untuk RAM yang masih bekerja. Namun hibernate dan Stand by memiliki kesamaan yaitu sama-sama cepat untuk menghidupkan komputer (mode stand by jauh lebih cepat).

Pada windows 7, saat user melakukan shutdown akan diberikan pilihan berupa Shutdown, sleep, hibernate maupun standby. Namun fitur ini tidak tersedia pada windows 8 saat laptop atau komputer dimatikan. Sebenarnya fitur ini tersedia akan tetapi anda perlu mengaturnya sendiri agar tampil pada opsi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pada kolom search carilah Power option, Pilih bagian setting. Kemudian klik Power Option.
  • Atau klik kanan pada icon baterai dikolom bawah kanan, kemudian pilih Power Option.
  • Pilih choose what the power button does.
  • Cek pada bagian bawah, Mode hibernate belum tercentang. Klik pada Change settings that are currently unavailable. Anda juga bisa mengatur yang mode pada saat tombol power ditekan atau saat laptop ditutup. Anda juga dapat mengaturnya ke mode hibernate.
  • Centang opsi Hibernate. Lalu save changes.
  • Silahkan cek apakah fitur ini sudah ditampilkan pada opsi Power.
  • Sangat mudah bukan? Sekarang anda dapat menghemat waktu dan energi untuk membuka program-program terutama saat melakukan pekerjaan menggunakan komputer dan berhenti dalam waktu yang cukup lama, anda akan sangat terbantu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*