Aplikasi Pesan Terenkripsi “Cryptocat” Mendarat Mulus di Toko Aplikasi iOS

Pengguna iOS kembali kedatangan tamu baru di ranah piranti lunak khususnya aplikasi pesan bernama Cryptocat, setelah pihak pengembang resmi meluncurkan aplikasi tersebut ke platform iOS.

Cryptocat ini merupakan aplikasi open source untuk web dan juga Mac, dirancang sebagai portal berkirim pesan super aman karena semua data di dalamnya terenkripsi sebelum dikirim ke penerima, sehingga tak perlu khawatir akan dibobol atau diawasi oleh pihak tak bertanggung jawab.

cryptocat

Seperti aplikasi pesan lainnya, Cryptocat juga memiliki fitur pendukung komunikasi seperti grup di mana pengguna dapat saling berkirim pesan dengan anggota grup lainnya. Uniknya aplikasi ini tidak membutuhkan username, email atau akun untuk digunakan sebagai identitas. Untuk masuk ke dalam aplikasi, pengguna cukup mengunduh dan masuk dengan nama pilihan. Sehingga jangan berharap Anda dapat menemukan daftar teman atau riwayat pesan, setiap pesan yang dikirimkan akan dihapus secara berkala demi keamanan.

Menurut pihak pengembang, Cryptocat merupakan aplikasi asli iPhone yang menggunakan kontrol iOS API, namun diklaim tetap dapat bekerja dengan client Cryptocat berbasis web dan Mac.

Cryptocat sebelumnya pernah diajukan ke App Store pada bulan Desember lalu, namun ditolak oleh Apple dengan alasan yang tidak dipublikasikan. Namun pihak pengembang melakukan segala upaya dan sepertinya berhasil membujuk Apple untuk memberikan persetujuan.

Ctyptocat menghadapi tantangan yang tak ringan, mengingat sejumlah aplikasi pesan seperti BBM, WhatsApp, WeChat, Line, KakaoTalk, Viber dan yang lain telah lebih dahulu menjajah ranah aplikasi pesan. Namun dengan konsep dan keunggulan keamanan, Cryptocat paling tidak masih punya harapan untuk bertahan atau bahkan bersaing.

Sobat Teknogadget yang ingin mencoba Cryptocat silahkan unduh dari App Store, gratis!

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*