Tips Melawan Kecanduan Facebook

Tips Melawan Kecanduan Facebook

Ketergantungan dalam bentuk apapun tidak dapat dianggap baik. Bahkan menjadi kecanduan berbuat baik setiap saat dapat membuktikan menjadi fatal. Obat-obatan, alkohol, dan merokok telah menjadi urutan top pada daftar kecanduan selama berabad-abad, facebook adalah kecanduan baru era ini.

Tips Melawan Kecanduan Facebook

 

Tidak hanya remaja tetapi orang dewasa juga kecanduan jejaring sosial ini. Orang-orang menghabiskan berjam-jam baik mengobrol dengan teman-teman lama atau mengintai orang lain. Jika Anda juga kecanduan jejaring sosial ini dan ingin menyingkirkan itu maka Anda harus tahu bahwa bukan tidak mungkin. Ini adalah tugas yang sangat sederhana.

Tips

1. Cobalah menonaktifkan account Anda bila Anda memiliki beberapa tugas penting yang harus dilakukan. Setelah Anda selesai dengan hal itu, aktifkan account Anda lagi.

2. Mengambil di account jumlah waktu yang Anda habiskan perharinya di facebook. Kemudian mulai potong perlahan-lahan setiap hari. Misalnya, jika Anda menghabiskan 6 jam sehari di facebook kemudian tetapkan tujuan bahwa dengan setiap hari lewat Anda akan mengurangi jumlah selama 20 menit atau lebih. Jangan menetapkan tujuan yang tidak masuk akal dan tidak bisa diraih atau yang lain Anda akan mendapatkan motivasi dan mungkin membuat lebih kecanduan daripada sebelumnya.

3. Lacak bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda di facebook. Misalnya, berapa jam yang Anda habiskan untuk mengobrol, berapa banyak menguntit dan berapa banyak bermain game. Lalu perlahan-lahan kurangi waktu yang Anda habiskan untuk setiap kegiatan. Anda dapat menghabiskan waktu dari mengobrol dengan menghalangi orang yang Anda chatting paling sering. Adapun menguntit, coba katakana pada diri Anda sendiri untuk menghentikan itu. Katakan pada diri sendiri bahwa itu adalah pekerjaan yang membuang waktu

4. Hindari membuat komentar pada gambar dan status. Bila Anda tidak akan membuat komentar Anda tidak akan mendapatkan jawaban, maka tidak akan ada percakapan dan Anda tidak akan bahkan ingin tahu tentang jawaban orang lain. Juga hindari meng-upload foto dan status terlalu sering di facebook.

5. Jika Anda percaya seseorang dengan hidup Anda maka berikan password Anda. Mintalah dia untuk mengubah password Anda dan tidak memberikannya kepada Anda, kecuali sangat penting.

6. Berikan nomor telepon orang terpercaya Anda sebagai nomor Anda ke facebook dan kemudian menggunakan pengaturan keamanan yang akan mengirimkan Anda kode setiap kali Anda masuk dari browser baru. Jangan simpan browser Anda dan meminta rekan-rekan Anda yang dipercaya untuk memberikan kode untuk masuk hanya ketika ada urgensi ekstrim.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*