Nokia Menuntut Pelanggaran Atas 45 Patennya

Raksasa vendor ponsel, Nokia saat ini dikabarkan tengah mengajukan tuntutan berkaitan dengan pelanggaran hak paten yang dimilikinya. Nokia mengajukan tuntutan kepada perusahaan teknologi asal Taiwan, HTC dan Viewsonic karena dianggap telah melanggar hak paten yang dimiliki oleh Nokia. Gugatan yang diajukan oleh Nokia terhadap HTC dan Viewsonic tersebut terjadi di Amerika Serikat. Namun tidak hanya itu, Nokia juga telah mengajukan gugatan di Jerman kepada Research In Motion (RIM) dan juga HTC.

Nokia Hak Paten

Sebagaimana dikutip dari TechRadar, Loise Pentland, Chief Legal Officer Nokia mengatakan bahwa Nokia telah memiliki berbagai macam teknologi dan menjadi pemimpin dari teknologi tersebut yang saat ini diperlukan oleh berbagai industri mobile besar untuk membuat produknya.

Pentland menambahkan bahwa Nokia telah melisensikan beberapa paten miliknya kepada 40 perusahaan lebih. Nokia sendiri sebenarnya menghindari proses litigasi dan tidak memperpanjang kasus ke pengadilan. Namun maraknya penggunaan paten teknologi eksklusif milik Nokia yang belum berlisensi maka Nokia akhirnya mengajukan gugatan tersebut.

Dalam gugatannya Nokia menyebutkan bahwa ada 45 hak paten miliknya yang sedang dipakai secara tidak sah atau tanpa lisensi dan terlibat dalam sebuah tuntutan atau lebih yang diajukan oleh Nokia. Tetapi Nokia tidak mau menjelaskan secara detail tentang gugatan yang diajukan itu.

Nokia tidak menyebutkan perangkat mana yang dibuat oleh RIM, HTC atau Viewsonic yang telah melanggar patennya. Meskipun raksasa teknologi asal Finlandia itu telah memberikan beberapa pernyataan terkait gugatan hak paten itu yang menyebutkan pelanggaran dalam beberapa proses namun tidak menjelaskannya secara detail dan spesifik.

Nokia Hak Paten

Pernyataan dari Nokia tersebut kurang lebih menyebutkan bahwa inovasi teknologi secara eksklusif dari Nokia telah banyak dipakai oleh banyak perusahaan sehingga memungkinkan penerapan teknologi itu pada beberapa perangkat keras. Seperti antena fungsi ganda, radio multimode dan manajemen daya perangkat mobile. Selain itu Nokia juga menyebut tentang beberapa fitur perangkat seperti toko aplikasi, navigasi, multitasking, menu dinamis, tampilan pesan, pengunduhan lampiran email dan enkripsi data pada koneksi sebuah perangkat mobile.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*