Apple Bukukan Peningkatan Pangsa Pasar di Kandang Sendiri

Apple dan Samsung

ComScore hari ini merilis sebuah laporan yang mengemukakan data pangsa pasar brand-brand smartphone termasuk Apple yang sepanjang kuartal kuartal keempat tahun 2013 hingga Januari 2014 tercatat mengalami peningkatan 1% dari 41% di kuartal lalu menjadi 42%. Jika dilihat dari perubahan tahunan, angka ini meningkat 3.8% dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu Samsung masih menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 26,7%, meningkat 1,3% dibandingkan kuartal sebelumnya.

apple marketshare

Posisi 5 besar diduduki oleh LG, Motorola dan HTC dengan persentase pangsa pasar masing-masing 6,9%, 6,4% dan 5,4%. Secara umum ketiganya mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Sementara itu pangsa pasar BlackBerry kian tergerus, hingga Januari 2014 perusahaan asal Kanada tersebut kehilangan 0,5% pangsa pasar sehingga hanya memegang 3,1% pasar.

Menarik untuk melihat bagaimana upaya Apple untuk mempertahankan keunggulan ini di tengah serangan perangkat Android yang datang dari berbagai vendor. Tahun 2014 ini Apple sedang bekerja keras merancang perangkat baru yang kabarnya adalah iPhone 6. Sementara Samsung sudah lebih dulu injak gas dengan memamerkan Galaxy S5 saat ajang MWC 2014 di Barcelona Februari lalu.

Sementara itu sejauh ini berbagai isu terkait iPhone 6 masih bergulir liar, sebelumnya menurut berita yang dilansir oleh Nikkei, Apple akan mendapatkan pasokan komponen lebih dari 100 juta sensor CMOS dari Sony dalam satu tahun. Jika penjualan iPhone makin membaik, dipastikan jumlah tersebut akan menjadi dua kali lipat pada tahun-tahun berikutnya.

Dalam rilis beritanya Nikke juga menyebut bahwa Sony kemungkinan juga akan memasok komponen untuk kamera depan iPhone 6, sehingga memunculkan spekulasi adanya perombakan pada kamera depan iPhone 6 secara radikal.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*