Cara Cetak Poster di Komputer

Cara Cetak Poster di Komputer

Banyak siswa membutuhkan poster untuk proyek yang berbeda, kerajinan atau hadiah namun karena keterbatasan uang saku, mereka tidak bisa menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli poster dari pasar. Profesional menggunakan printer format besar untuk membuat poster yang  diperbesar.

Cara Cetak Poster di Komputer

 

Namun, Anda dapat menggunakan komputer Anda dan printer biasa untuk membuat poster sendiri di rumah. Yang Anda butuhkan pilihan ubin di printer warna Anda, seperti ubin memecah poster ke beberapa halaman yang dicetak tanpa mempengaruhi ukuran gambar. Pastikan printer Anda memiliki fungsi ubin jika Anda ingin mencetak poster besar di rumah.

INSTRUKSI

1. Nyalakan komputer Anda dan pilih gambar yang ingin Anda jadikan poster. Anda dapat men-download file gambar dari internet dan menyimpannya di hard disk komputer Anda.

2. Buka file gambar yang Anda pilih dalam penampil gambar default dari komputer Anda. klik kanan pada gambar akan memberikan daftar pilihan dan Anda harus memilih ‘Print’. Pilihan pencetakan juga tersedia di bawah ‘File’ di bagian atas menu bar.

3. Sebuah daftar perangkat pencetakan akan muncul dan Anda harus memilih satu yang sesuai.

4. Opsi pencetakan akan muncul di layar dan Anda harus memilih ‘Properties’ atau ‘Set up’. Kemudian klik pada ‘Advanced’ untuk melangkah lebih jauh.

5. Pergi ke ‘Paper size’ untuk menentukan ukuran poster Anda yang akan dicetak. Jika Anda tidak menemukan ukuran yang Anda inginkan dalam daftar yang disediakan, Anda bisa pergi ke ‘ Custom Size’, ketik dimensi yang Anda inginkan untuk poster dan klik tombol ‘OK’.

6. Anda dapat menemukan pilihan  ’tiling’ di Document Options’. Hidupkan pilihan tuling sebelum melanjutkan.

7. Klik tombol ‘OK’ akan menyelesaikan pengaturan pencetakan. Anda dapat melihat tata letak poster Anda dalam gambar thumbnail yang ada dalam ‘kotak dialog Print’

8.Insert kertas dalam printer dan kemudian tekan tab  ‘Print’ untuk memulai proses.

9.Ketika halaman dicetak, ambil papan poster dan biarkan diatas permukaan yang datar.

10.  Atur halaman yang Anda cetak, hati-hati menyelaraskan tepi semua potongan gambar. Ini adalah bagian paling penting dari seluruh proses, sebagai apapun kesalahan dapat menghancurkan seluruh tampilan poster Anda. Anda juga dapat memotong kertas tumpang tindih jika Anda merasa perlu.

11. Membubuhkan halaman ubin ke dewan dengan menerapkan pita kertas atau lem di belakang mereka dan poster Anda akan siap.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*