RIM Andalkan Developer Untuk Kembangkan Aplikasi BlackBerry 10

Dalam ajang BlackBerry Worl 2012 di Orlando, Florida, Amerika Serikat, RIM selaku produsen BlackBerry telah memperkenalkan sistem operasi (OS) terbarunya yang bernam BlackBerry 10. Dalam kesempatan tersebut RIM juga membagikan beberapa perangkat prototipe yang disebut BlackBerry 10 Dev Alpha kepada para developer agar bisa berkreasi membuat aplikasi yang berbasis OS BlackBerry 10.

OS dan aplikasi terbaru dari Blackberry 10

Thorsten Heins, CEO Research In Motion

Selain membagikan perangkat prototipe, RIM juga memperkenalkan sebuah software untuk mengembangkan aplikasi yang akan berjalan di sistem operasi terbaru miliknya tersebut. Dengan berbagai hal yang dipersiapkan RIM itu, bisa dilihat bahwa RIM sangat mengandalkan developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis BlackBerry 10. Diperkirakan bahwa aplikasi-aplikasi terpilih dari developer itulah yang nantinya akan disertakan dalam rilis resmi perangkat dengan OS BlackBerry 10.

RIM saat ini memang tengah berusaha untuk meyakinkan investor terkait nilai sahamnya yang anjlok beberapa waktu belakangan ini. Sehingga RIM memulainya dengan berjuang dari awal dengan membuat sebuah terobosan baru pada perangkat yang akan dibuatnya. Salah satunya adalah BlackBerry 10 Dev Alpha yang khusus diberikan untuk developer yang desainnya cukup berbeda dengan perangkat BlackBerry yang selama ini diproduksi oleh RIM. Perangkat tersebut menggunakan konsep full touchscreen tanpa menggunakan keyboard “QWERTY” yang selama ini menjadi ciri khasnya.

Dalam perangkat yang dibagikan tersebut juga disertakan beberapa tools pendukung bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi. Diantaranya adalah Cascades, yang dibuat oleh The Astonishing Tribe, sebuah interface  buatan Swedia yang telah dibeli RIM pada tahun 2010 lalu. Dengan toolkit ini para developer bisa mengembangkan sebuah aplikasi yang kaya grafis dengan lebih mudah. Berbagai macam sentuhan efek dan kode program juga dapat langsung dituliskan melalui toolkit ini. .

Untuk memastikan peluncuran perangkat BlackBerry 10 bisa tepat waktu, RIM juga mentargetkan untuk menyelesaikan tiap prosesnya dengan lebih cepat. Diantaranya RIM menyebutkan telah bekerja sama dengan berbagai pihak agar aplikasi dan konten dapat dipastikan telah tersedia sebelum peluncuran perangkat berbasis BlackBerry 10. Beberapa perusahaan yang menjadi mitra RIM antara lain Pixel Mags yang mengembangkan majalah mobile, Wikitude yang mengembangkan aplikasi yang dapat memberikan informasi superimpose dalam sebuah gambar dari kamera, dan Endomondo yang mengembangkan beberapa aplikasi yang berkaitan dengan fitness.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*