Tips Hemat Baterai iPhone Berbasis iOS 7

Jutaan orang pengguna perangkat Apple telah melakukan update ke iOS 7, sejak sistem operasi tersebut resmi diluncurkan pada tanggal 18 September 2013 lalu. iOS 7 ini menghadirkan user interface yang membuat perangkat iPhone dan iPad terasa seperti baru, dan juga menawarkan banyak fitur menarik di dalamnya. Tapi sayangnya, sistem operasi ini sangat boros dalam penggunaan daya, sehingga dibutuhkan tips hemat baterai.

Masalah ini terungkap dari para pengguna iPhone 5 dalam sejumlah perbincangan di forum online. Banyak di antara mereka yang mengeluhkan borosnya baterai perangkat saat menggunakan sistem operasi iOS 7. Setelah mereka menginstalnya, ternyata baterai terus berkurang satu persen setiap empat menit. Bahkan, ada pula pengguna yang mengaku baterai iPhone 5 miliknya berkurang satu persen hanya dalam lima detik.

Masalah pada baterai ini memang berkali-kali muncul setelah Apple merilis sistem operasi iOS terbaru mereka. Hal serupa sebelumnya juga pernah terjadi, ketika iOS 5 baru diluncurkan beberapa waktu lalu. Ketika itu, sistem operasi iOS generasi kelima itu menyebabkan masalah besar pada baterai iPhone 4S. Kali ini, malah iOS 7 pula yang dilaporkan banyak menyedot baterai, sehingga harus menerapkan tips hemat baterai.

Hingga saat ini, pihak Apple memang belum memberikan keterangan apapun mengenai masalah boros baterai pada perangkat berbasis iOS 7 ini, sehingga sama sekali belum diketahui apa penyebabnya. Selain itu, Apple juga belum ada mengeluarkan tips hemat baterai untuk sistem operasi terbaru mereka ini. Meski begitu, kemungkinan besar dalam waktu dekat Apple akan segera memberikan keterangan ataupun bug fixes.

Sambil menunggu konfirmasi dari pihak Apple, mungkin ada baiknya ada mencari informasi tentang tips hemat baterai untuk iOS 7 yang mulai banyak beredar di internet. Sehingga, masalah itu pun sedikit demi sedikit bisa terselesaikan, sehingga Anda juga nyaman dalam menggunakannya. Salah satunya, Anda bisa mencoba tips hemat baterai untuk mengatasi masalah boros baterai di iOS 7 berikut ini.

Disable background refresh

Sistem operasi Apple terbaru, iOS 7 ini memang banyak memberikan keunggulan dibandingkan generasi pendahulunya. Salah satunya, iOS7 memungkinkan sejumlah aplikasi tertentu melakukan refresh secara otomatis, meskipun Anda sendiri sama sekali tidak sedang menggunakannya. Namun, keunggulan tersebut ternyata malah menyebabkan masalah serius pada baterai perangkat iPhone Anda.

Tips Hemat Baterai iPhone

Bagi Anda yang biasanya mengandalkan baterai iPhone untuk mendukung kegiatan sehari-hari, tentunya sangat terganggu sekali dengan hal tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba tips hemat baterai dengan melakukan disable background refesh dan disable beberapa fitur pada aplikasi yang terdapat di perangkat Anda. Ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu baterai bisa bertahan sedikit lama.

Disable location services

Banyak aplikasi pada sistem operasi iOS yang juga dilengkapi dengan fitur location services. Aplikasi seperti Maps tentunya memang sangat memerlukan fitur location services yang selalu tetap aktif. Tetapi, hal serupa sebaiknya tidak perlu Anda lakukan pada aplikasi lainnya seperti Twitter atau Facebook. Karena, fitur tersebut bukannya akan meningkatkan kinerja aplikasi, tetapi malah ikut menguras baterai perangkat Anda dengan cepat.

 Tips Hemat Baterai iPhone

Sebagai tips hemat baterai, Anda matikan saja fitur location services tersebut pada aplikasi-aplikasi yang selain aplikasi Maps. Selain itu, fitur location tracking yang baru tersedia di sistem operasi iOS 7 juga sebaiknya Anda matikan saja, jika menemukannya di sejumlah aplikasi. Karena, fitur baru ini ternyata juga ikut menyedot baterai perangkat Anda. Hal ini semakin membuktikan bahwa kehadiran banyak fitur itu membuat baterai jadi lebih boros.

Matikan fungsi AirDrop

Fitur AirDrop pertama kali diperkenalkan di iPhone oleh Apple dalam peluncuran iOS 7, tapi tidak tersedia di iPhone 4 dan 4S. Sayangnya, untuk menggunakan fitur menyerupai Dropbox yang memerlukan AirDrop itu, ternyata juga ikut menguras baterai iPhone Anda. Untuk tips hemat baterai, sebaiknya Anda matikan saja fungsinya. Selain itu, jangan lupa juga disable WiFi dan Bluetooth jika tidak sedang Anda gunakan.

Nonaktifkan 3D wallpaper

3D parallax wallpaper juga merupakan hal terbaru yang diperkenalkan di iOS 7. Desain yang dibawanya dapat membuat home screen perangkat Apple milik Anda terlihat lebih keren. Begitu juga dengan dynamic wallpaper, yang menghadirkan background image bergerak yang terlihat keren. Tapi, ternyata wallpaper tersebut menggunakan daya lebih banyak, sehingga baterai perangkat Anda lebih cepat habis.

Tips Hemat Baterai iPhone

Solusinya sebagai tips hemat baterai, Anda matikan saja dynamic wallpaper tersebut. 3D parallax wallpaper juga perlu Anda nonaktifkan dengan cara klik Accessibility > Reduce Motion > OFF. Selamat mencoba!

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*