Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 2, Pertarungan Klasik 2 Phablet Super

Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 2

Sony merupakan pemain lama dalam hal industri telekomunikasi, khususnya smartphone. Samsung juga merupakans ebuah perusahaan yang cukup profesional di bidang yang sama. Kedua perusahan yang bersaing tersebut selalu berlomba-lomba untuk merilis produk terbaik mereka, dengan strategi-strategi khusus agar melebihi yang lain namun tdak terlalu all-out dalam mengembangkan teknologi yang mereka kembangkan.

Sony merilis smartphone dengan nama Xperia Z Ultra, Sementara Samsung telah merilis Galaxy Note 2. Seperti apa Sony Xperia vs Samsung Galaxy ini, yang diwakili oleh Z Ultra dan Note 2?

Desain

Dari segi desain, kediua perangkat memiliki keunggulannya masing-masing. Persaingan antara Sony Xperia vs Samsung Galaxy nampaknya masih belum dapat dibandingkan jika hanya dari segi desain dan dimensi, karena tentu banyak hal lain yang menjadi faktor pembanding.

Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 2 Namun jika disimak, Sony dengan Xperia Z Ultra nampk lebih besar dan berat, dengan dimensi 179.4 x 92.2 x 6.5 mm, dengan berat 212 gram. Sementara itu, Galaxy Note 2 “hanya” berukuran 151.1 x 80.5 x 9.4 mm, dan memiliki berat 183 gram. Untuk Sony Xperia vs Samsung Galaxy daris egi dimensi dan desain, Galaxy Note 2 memiliki ukuran lebih kecil, namun dengan layar yang juga lebih kecil.

Performa

Dari segi performa, Sony Xperia vs Samsung Galaxy telah sedikit memiliki perbedaan. Sony menyematkan quad core Qualcomm Snapdragon 800 2.2 GHz, RAM 2 GB, dengan GPU Adreno 330. Sementara itu, Samsung menyematkan quad core Exynos 4214 dengan RAM 2 GB serta dilengkapi dengan GPU Mali-400 MP.

Spesifikasi kedua perangkat ini dari segi performa menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Rasanya Sony Xperia vs Samsung Galaxy telah makin terlihat yang mana yang memiliki spesifikasi yang lebih unggul.

Layar

Samsung membekali Galaxy Note 2 dengan layar 5.5 inci super AMOLED, 1280 x 720 piksel. Sementara itu, Sony memasang layar dengan ukuran 6.44 inci Triluminos LCD, 1920 x 1080 piksel. Fitur tambahan yang dinamakan X-Reality Engine turut melengkapi layar pada peragnkat Z Ultra buatan Sony.

Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 2

Konektivitas

Kedua perangkat ini memiliki kelengkapan konktivitas yang nyaris sama. Menggunakan berbagai dukungan untuk melakukan transfer data, Sony Xperia vs Samsung Galaxy jelas memiliki perbandingan yang sama pada fitur ini. Kedua perangkat ini juga mendukung beberapa mode hubungan dengan perangkat lain, misal 3.5 mm audio cable, USB, Bluetooth, Wi Fi, Direct Wi Fi, dan lain sebagainya.

Memori Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 2 mendukung beberapa kapasitas penyimpanan, seperti 16 GB, 32 GB, dan 64 GB, serta memiliki slot micro SD hingga 64 GB. Sony hanya membekali perangkat Z Ultra mereka dengan memori internal 16 GB, dan dukungan terhadap kartu memori hingga kapasitas 64 GB. Untuk masalah memori penyimpanan, antara Sony Xperia vs Samsung Galaxy, Samsung memang selangkah lebih baik.

Kamera

Kamera yang disematkan Samsung pada perangkat andalah mereka ini adalah 8 MP dengan fitur LED flash, serta dukungan untuk mengambil video dengan ukuran 1080p. Sementara itu Sony melengkapi Z Ultra dengan kamera 8 MP Exmor RA dengan fitur LED flash, dan kemampuan merekam video dengan kualitas super HD, 1080p.

Baterai

Antara Sony Xperia vs Samsung Galaxy dalam hal kualitas baterai tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Samsung mempersiapkan baterai dengan kpasitas 3100 mAh untuk perangkat Galaxy Note 2 mereka, sementara Sony mempersiapkan baterai 3.050 mAh untuk Xperia Z Ultranya. Selisih yang ada memang kecil sekali.

Kedua perangkat ini tentu saja dibekali oleh fitur-fitur andalan dari perusahaan masing-masing, namun yang paling dominan adalah fitur S-Pen yang disematkan Samsung untuk Galaxy Note 2 mereka. Dengan adanya fitur ini, pengguna Note 2 dapat melakukan beberapa hal yang tidak dapat dilakukan pada Xperia Z Ultra. Sony Xperia vs Samsung Galaxy, dalam hal fitur ekstra, masih sedikit lebih unggul Samsung.

Harga

Sony Xperia vs Samsung Galaxy memiliki harga setara jika spesifikasinya hampir sama. Galaxy Note dilepas dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga Sony Xperia Z Ultra. Note 2 dilepas dengan kisaran harga Rp 6.999.000, sementara Xperia Z Ultra dengan harga Rp 9 juta-an.

Kesimpulan

Samsung memiliki spesifikasi yang berada di bawah Xperia Z Ultra. Untuk Anda yang mengincar performa garang, Anda harus memilih Xperia Z Ultra, meskipun dilepas dengan harga yang jauh lebih mahal. Untuk Anda yang lebih mengutamakan fitur S-Pen, Anda dapat memilih Samsung Galaxy Note 2.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

1 Comment on Xperia Z Ultra vs Galaxy Note 2, Pertarungan Klasik 2 Phablet Super

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*