Samsung Galaxy Note 10.1 Akan Dipersenjatai Quad-core Processor?

Beberapa waktu yang lalu kita disibukkan dengan rumor yang beredar banyak yang menyebutkan tentang Galaxy S III. Baik mengenai spesifikasi, desain, fitur hingga tanggal rilisnya telah menjadi berita yang sangat dinanti-nantikan. Namun semua itu telah terjawab dengan dirilisnya Galaxy S III oleh Samsung pada hari Kamis (03/05/2012) lalu di London, Inggris.

Saat ini kembali muncul sebuah rumor dalam dunia teknologi yang kembali banyak memunculkan spekulasi. Perhatian para pemerhati teknologi saat ini tertuju pada perangkat Android dari Samsung yang sangat ditunggu-tunggu yaitu Galaxy Note 10.1.

Samsung Galaxy Note hadir dengan tipe dan fitur baru

Galaxy Note 10.1 pertama kali muncul pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2012 namun perilisannya ditunda hingga bulan Juni tahun ini. Informasi yang lebih lanjut menyebutkan bahwa Samsung tidak memberikan detail tentang spesifikasi maupun tanggal rilisnya. Dan tentu saja mengenai hardware yang akan dipakai dalam tablet tersebut juga belum mendapatkan konfirmasi dari Samsung. Sehingga perangkat yang sebelumnya terlihat di MWC 2012 tersebut mungkin saja sama sekali tidak mendekati desain dan spesifikasi asli dari Galaxy Note 10.1 yang akan dirilis Samsung.

Berdasarkan hasil tes benchmark Nenmark2 yang dilansir oleh GSMArena, Samsung GT-8010 (Galaxy Note 10.1) akan memakai prosesor 1,4 Ghz dan berhasil mencapai hasil yang mengesankan di angka 58.8 fps. Hal ini menunjukkan bahwa Galaxy Note 10.1 yang “dirancang ulang” tersebut akan menggunakan prosesor quad-core Exynos 4412 atau sama dengan yang dipakai pada Samsung Galaxy S III. Dugaan tersebut cukup bisa dipercaya dengan melihat hasil benchmark pada tablet Samsung lainnya yaitu Galaxy Tab 7.7 yang memakai prosesor dual-core 1,4 Ghz yang meraih skor 44 fps.

Dengan strategi Samsung yang memposisikan Galaxy Tab 2 untuk segmen menengah ke bawah, maka kemungkinan besar bahwa Galaxy Note 10.1 akan diposisikan pada segmen atas pasar komputer tablet. Yang nantinya akan bersaing dengan tablet besutan Apple, iPad 3 dan ASUS Transformer Infinity yang memakai prosesor quad-core Nvidia Tegra 3. Sehingga masuk akal jika Samsung menunda peluncuran tablet terbarunya itu agar bisa menciptakan sebuah tablet terbaik yang mampu bersaing dengan beberapa pesaing utamanya tersebut. Dan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah penggunaan prosesor quad-core pada Galaxy Note 10.1.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*