Mana yang Paling Tangguh, Samsung Galaxy Mega 6.3 atau Huawei Ascend Mate?

Galaxy Mega 6.3 atau Huawei Ascend Mate

Alat komunikasi seperti handphone saat ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan saling berkomunikasi dalam bentuk pesan SMS maupun telepon.  Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi seperti pada saat ini membuat produk telepon genggam semakin beragam dengan segala bentuk inovasi demi mencapai pemuas kebutuhan sekaligus keinginan. Hal ini dapat dilihat dari beragam inovasi software maupun hardware yang terdapat pada setiap perangkat.

Galaxy Mega 6.3 atau Huawei Ascend Mate

Untuk jajaran smartphone terbaik, Galaxy Mega 6.3 dan Ascend Mate dari Huawei  memang layak disandingkan. Namun jika dilihat mana yang lebih baik, tentu kita semua butuh referensi yang baik. Mari kita bahas perbedaan demi perbedaan dari kedua kandidat Smartphone terbaik 2013 ini.

Desain

Desain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Mega 6.3 atau Huawei Ascend Mate sama-sama memiliki ciri khas yang tipis dan futuristik, benar-benar ideal untuk menjadi kandidat smartphone terbaik 2013. Namun dibandingkan dengan Huawei Ascend Mate, Samsung Galaxy Mega 6.3 memiliki body yang lebih pipih yakni sekitar 2mm.  Meskipun begitu, desain dari Huawei Ascend Mate dilengkapi dengan gorilla glass.

Galaxy Mega 6.3 atau Huawei Ascend Mate

Samsung Galaxy Mega 6.3 memiliki dimensi yang lebih besar dari pesaingnyad engan detail ukuran 167.6 x 88 x 8 mm, 199 gram. Huawei Ascend Mate “hanya” memiliki ukuran sebesar 163.5 x 85.7 x 9.9 mm, 153 gram.

Performa

Berbicara mengenai performa, tentu saja kita membicarakan dapur pacu yang digunakan. Sebagai nominasi dari smartphone terbaik 2013, yang mana yang akan lebih unggul dari segi performa? Ternyat Samsung Galaxy Mega 6.3 menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 400 Dual-core 1.7 GHz Krait, RAM 1.5 GB, dan dengan GPU Adreno 305, sementara Huawei Ascend Mate menggunakan CPU Huawei K3V2 Quad-core 1.5 GHz, RAM 2 GB.  Tidak ada data untuk GPU yang digunakan oleh Ascend Mate, sayangnya.

Layar

Berbicara mengenai layar, ternyata  Samsung Galaxy Mega 6.3 memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan Huawei Ascend Mate. Dengan luas layar yang mencapai 6.3” Samsung Galaxy Mega 6.3 telah melampaui luas layar yang dimiliki oleh Huawei Ascend Mate yang hanya berbeda tipis yakni 6.1”. Besar layar yang mencapai 6 inci memang cocok untuk menjadi nominasi smartphone terbaik 2013, bukan?

Konektivitas

Smartphone terbaik 2013 akan menjadi lebih lengkap apabila dari segi konektivitasnya juga baik. Contohnya dengan Huawei Ascend Mate yang memiliki kecepatan HSDPA lebih unggul dengan model dasar yakni 42Mbps. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan  Samsung Galaxy Mega 6.3 yang hanya mencapai 21Mbps.

Detail spesifikasi konektivitas dari Samsung Galaxy Mega 6.3 memiliki rincian dukungan terhadap konektivitas HSDPA, HSUPA, LTE, Cat3, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, bluetooth, NFC, Infrared port, USB. Sementara itu, Huawei Ascend Mate memiliki fitur konektivitas yang mendukung HSDPA, HSUPA, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, Bluetooth,  USB.

Memori

Dari segi memori penyimpanan, keduanya memang memiliki slot untuk menggunakan microSD card. Namun dapat dilihat bahwa Samsung Galaxy Mega 6.3 yang memiliki dua versi yakni versi dengan kapasitas internal 8GB serta versi dengan kapasitas 16GB  telah unggul dibandingkan dengan Huawei Ascend Mate yang hanya memiliki memori penyimpanan internal 8GB. Dari segi kapastitas penyimpanan, nominasi smartpone terbaik 2013 ini nampaknya tidak melebihhi para pesaignnya yang lain.

Kamera

Huawei Ascend Mate memiliki keunggulan yakni lebih baik dalam bidang video codec support. Secara statistik, perbandingan kedua perangkat kandidat smartphone terbaik 2013 ini memiliki rincian yang cukup bersaing.

Samsung Galaxy Mega 6.3 menggunakan kamera 8 MP, 3264 x 2448 pixel dengan fitur autofocus, LED flash, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR, panorama. Video yang dapat diambil oleh smartphone ini memiliki resolusi 1080p@30fps dengan fitur stereo sound recording. Kamera kedua dari eprangkat ini memiliki kekuatan 1.9 MP.

Huawei Ascend Mate menggunakan kamera 8 MP, 3264×2448 pixel dengan fitur autofocus, LED flash, geo-tagging, face detection, HDR. Video yang dapat direkam adalah 1080p@30fps, dan memiliki kamera depand engan kekuatan  1 MP, 720p@30fps.

Baterai

Kapasitas baterai sangat mendukung agar sebuah gadget dapat terus bekerja dengan maksimal dengan waktu yang semaksimal mungkin. Oleh Karena itu, kapasitas baterai yang lebih tinggi dapat  menjadi salahsatu pilihan seperti yang dimiliki oleh Huawei Ascend Mate karena  kapasitasnya mencapai 4.050mAh. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Mega 6.3 hanya memiliki kapasitas 3.200mAh saja. Dari segi baterai, sepertinya kita mengetahui yang manakah yang akan dipilih sebagai smartphone terbaik 2013, bukan?

Berbagai fitur juga pastinya disematkan pada kedua smartphone ini. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai fitur ekstra yang terdapat pada perangkat ini memiliki detail yang lumayan sama, dan cocok untuk menjadi smartphone terbaik 2013.

Harga

Untuk segi harga, kedua kandidat smartphone terbaik 2013 ini memiliki banderol harga yang berbeda. Samsung Galaxy Mega 6.3 dilepas dengan harga Rp 4.5 juta-an, sedangkan Huawei Ascend Mate dilepas dengan harga Rp 5 juta-an.

Kesimpulan

Kedua perangkat ini bersaing dengans engit untuk merebut posisi smartphone terbaik 2013. Namun Anda tidak perlu membeli yang ternaik untuk dapat menggunakan perangkat dengan nyaman. Sebaiknya Anda tetap membeli smartphone berdasarkan harga dan kebutuhan Anda.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*