Cara Mengkonversi Gmail ke PDF

Cara Mengkonversi Gmail ke PDF

Google memungkinkan pengguna gmail untuk menyimpan file-file penting ke dalam format PDF untuk referensi di masa mendatang. Jika Anda adalah pengguna gmail Anda tidak perlu untuk mengakses dan men-download perangkat lunak luar atau aplikasi, Anda dapat langsung mengkonversi gmail ke format PDF dan menyimpannya.

Cara Mengkonversi Gmail ke PDF

Ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang tersedia secara online, dan Anda dapat men-download dan menggunakannya, tetapi beberapa dari mereka tidak aman sama sekali dapat menyebabkan masalah dalam proses mengubah dan menyimpan dokumen Anda. Jadi baik bagi Anda untuk menggunakan opsi mengkonversi email ke format PDF dari google, karena aman dan lebih mudah untuk diakses. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan proses konversi file dengan mudah halus. Anda dapat mengikuti petunjuk yang tersedia secara online, terutama jika Anda menggunakan pilihan ini untuk pertama kalinya, tetapi Anda tidak perlu keahlian khusus untuk menjalankan fungsi ini.

Instruksi

1. Bagaimana Memulainya

sangat sederhana dan mudah. Anda login ke account gmail Anda dengan ID dan password anda untuk mengakses kotak masuk Anda. Setelah Anda mengakses kotak masuk Anda, cukup membuka email atau dokumen yang Anda ingin simpan dan mengkonversi ke PDF

2. Jelajahi pengaturan Setting

Setelah di Inbox Anda dan telah membuka dokumen yang Anda ingin disimpan, tekan tombol setting untuk menjelajahi pilihan penyimpanan file. Perhatikan baik-baik dari semua pilihan yang tersedia jika Anda menggunakan opsi penyimpanan file untuk pertama kalinya.

3. Buat sebuah Dokumen

Dari pengaturan opsi klik Lab dan kemudian tekan tombol enable untuk membuat dokumen yang ingin Anda simpan. Setelah Anda membuat dokumen Anda , gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dalam dokumen.

4. Mengkonversi file

Setelah Anda membuat dokumen, simpan perubahan dan konversi file ke PDF, dan kemudian simpan perubahan. Ini adalah proses yang sederhana namun mengikuti instruksi seperti pertama membuat dokumen, mengkonversi file dan kemudian simpan perubahan. Sebelum menyimpan perubahan pastikan bahwa proses konversi file selesai.

5. Buat Dokumen dari bagian Print

Setelah mencapai kembali ke Kotak Masuk Anda, klik mail atau pesan dokumen yang Anda ingin simpan sebagai file PDF. Kemudian pada tombol jendela baru di bagian kanan atas dari dokumen Anda, hanya di sebelah tombol ‘Print’. Sekali lagi, Anda harus membuat dokumen di atas jendela yang terbuka di depan Anda.

6. Download file yang tersimpan keKomputer

Langkah terakhir dalam proses ini adalah untuk men-download file yang telah dikonversi dari ‘download file as’  ke komputer Anda. Sebelum melakukannya, Anda akan perlu memilih mode ‘PDF’ ke file Anda dan kemudian men-download dan menyimpan dokumen pada pc Anda, dan proses konversi file selesai. Dokumen Anda disimpan untuk penggunaan masa depan Anda, dan Anda dapat mengakses dalam format PDF kapan saja Anda inginkan di masa mendatang.

Semoga berguna !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

1 Comment on Cara Mengkonversi Gmail ke PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*