Spek Lenovo MIIX 10 dan Lenovo MIIX8

Beberapa saat yang  lalu Lenovo telah memperkenalkan produk terbarunya pada segmen tablet, yang sebelumnya produsen Acer dan Asus telah membuat produk tablet terlebih dahulu, namun ternyata Lenovo juga memiliki ketertarikannya untuk bersaing pada segmen tablet.

Kali ini produsen asal china tersebut (Lenovo) telah menghadirkan produk terbarunya pada segmen tablet dengan menggunakan sistem operasi Windows 8, untuk bersaing dengan tablet ber-OS Windows 8 yang sudah beredar di pasaran. Kabarnya tablet Windows 8 Lenovo akan diluncurkan pada mingu-minggu yang akan datang, tablet Windows 8 Lenovo sendiri diberi nama Lenovo MIIX 10 dan MIIX 8.

Desain

Meninjau pada sisi desain, tablet Windows 8 Lenovo terlihat cukup menawan, dengan sedikit ramping seperti halnya tablet pada umumnya, namun pada tablet Lenovo ini pada sisi penempatan port/tombol cukup rapi, pada bagia atas sisi kiri terdapat tombol power, pada sisi samping tersusun begitu rapi mulai dari sisi kiri atas sampai dengan sisi kiri bawah dimana terdapat tombol volume.

Lenovo MIIX 10 & Lenovo MIIX8_2

Port untuk microHDMI serta card reader yang memiliki penutuup sehingga tidak terlihat adanya port tersebut,  port usb yang dapat digunakan untuk charger dan tidak memiliki penutup, port utuk handfree, pada bagian bawah terdapat port yang dapat digunakan untuk memakai virtual keyboard.

Untuk layar, tablet Lenovo dibekali dengan layar touchscreen berukuran 10 inci untuk Lenovo MIIX 10 dengan resolusi 1366 x 768 piksel yang menggunakan teknologi panel IPS(In-Plane Switching) dimana teknolog tersebut ialah memiliki sudut pandang yang lebih lebar dari pada panel pada umumnya, sedangkan untuk Lenovo MIIX 8 dengan layar touchscreen 8 inci.

Prosesor

Untuk soal performa, tablet Windows 8 lenovo tidak dibekali dengan prosesor yang memiliki kecepatan tinggi yakni dibelaki dengan prosesor Intel Atom Z2760 dengan 1MB L2 cache serta kecepatan clock 1.8GHz, namun dengan adanya dukungan memori RAM 2GB, membuat tablet Windows 8 Lenovo cukup smoth, dan mungkin agak sedikit terasa ketika membuka sebuah aplikasi atau game yang berat.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

Pada sisi fitur konektivitas, tablet Windows 8 Lenovo dibekali dengan dukungan WiFi, card reader, microHDMI dan USB, meskipun tidak terdapatnya Bluetooth, namun cukup lengkap dengan dukungan konektivitas yang disematkan pada produk tablet Lenovo ini. Untuk kapasitas ruang penyimpanan, tablet Lenovo dibekali dengan memori internal SSD(Solit State Drive) yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan sebesar 64GB.

Kamera

Melihat dari sisi kamera, tablet Windows 8 Lenovo dibekali dengan hanya memiliki kamera depat yang memiliki resolusi 1,3 megapixel, dan tidak terdapat kamera belakang, dengan demikian kamera depan tersebut juga sekaligus dapat digunakan sebagai video recorder atau juga video chat.

Mungkin bisa sedikit beda jadinya apabila kamera depat dibekali dengan resolusi yang lebih tinggi, dengan melihat tidak adanya kamera belakang.

Fitur lain

Tablet Windows 8 Lenovo menawarkan fitur lain yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya yaitu adanya virtual keyboard yang disertakan dalam penjualan produk Lenovo tersebut, dimana para pengguna dapat memanfaatkan virtual keyboard dalam keperluan pengetikan sehingga dapat mengetik sebuah naskah / catatan dengan lebih cepat.

Kesimpulan

Keluarnya produk terbaru pada segmen tablet oleh Lenovo produsen asal China, menambahkan persaingan pasar pada segmen tablet terutama tablet Windows 8, yang sebelumnya produsen lain sudah mengeluarkan produk tablet sistem operasi Windows 8. Meskipun pada tablet Lenovo MIIX 10&8 menggunakan prosesor Atom Z2760 dengan dukunga RAM sebesar 2GB sedikit menjadikan proses pengoprasian tablet tidak begitu terasa berat.

Tablet Lenovo yang hanya dibekali dengan 1 kamera depan membuat spesifikasi tablet Lenovo sedikit ada yang kurang, namun secara keselurauan tablet Windows 8 Lenovo cukup memberikan nuansa baru dalam segmen tablet.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*