Cara Backup database WordPress

Cara Backup database WordPress

Apa pun yang Anda posting di blog; apakah itu adalah tekstual / video / post audio, komentar atau link, akan disimpan dalam database Anda. Dalam kasus Anda mendapatkan error dalam database Anda atau entah bagaimana itu akan terhapus, segala hal akan hilang. Hal ini terjadi karena sejumlah alasan dan kadang-kadang tak terkendali.

Cara Backup database WordPress

 

Satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah untuk membuat cadangan data Anda dengan benar. Membuat backup selalu membantu karena setiap kali terjadi masalah, Anda perlu mengambil tindakan segera untuk mengatasinya. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat website Anda produktif dan kreatif jika Anda membuat backup sederhana dan cocok dari database Anda. Beberapa informasi yang bermanfaat diberikan di bawah ini untuk mendukung Situs WordPress dan Database WordPress Anda.

Instruksi

1. Back up Situs WordPress

Anda dapat backup situs WordPress Anda dalam dua bagian yaitu database dan Files. Untuk tujuan ini, Anda harus membuat cadangan seluruh situs dan WordPress database. Langkah-langkah berikut diberikan di bawah ini untuk mendukung Situs WordPress Anda.

Langkah 1: Software Backup yang disediakan oleh Host Website

Ada berbagai situs web host menawarkan software khusus untuk mendukung situs Anda. Anda perlu menghubungi host Anda untuk jenis layanan dan program yang mereka tawarkan.

Langkah 2: Sinkronisasi dengan situs Anda

Anda dapat sinkronisasi website Anda untuk memiliki salinan dari konten pada server Anda dengan menggunakan WinSCP dan program lainnya. Selain itu, hard drive Anda juga akan diperbarui. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghemat waktu, tetapi Anda harus memiliki wp-content/uploads terbaru di kedua tempat.

Langkah 3: Copy File ke Desktop Anda

FTP Client atau Keterampilan Shell UNIX memungkinkan Anda untuk menyalin wp-content/uploads dalam folder. Untuk menghemat ruang, pastikan untuk zip atau kompres mereka. Dengan melakukan ini, Anda dapat memiliki berbagai versi tersebut.

Catatan: Pastikan untuk memiliki minimal 3 backup pada file. Dalam kasus Anda kehilangan satu atau rusak, Anda memiliki wp-content/uploads lainnya yang disimpan di tempat yang berbeda dan media seperti USB, CD dan hard disk dll

2. Bersiaplah untuk Back up database WordPress Anda

Selalu ingat untuk membuat cadangan database WordPress secara teratur. Pastikan untuk melakukan tugas ini sebelum Anda pergi ke lokasi baru, atau sebelum upgrade. Langkah di bawah ini membantu Anda kembali database WordPress;

3. Log on ke panel kontrol Anda.

4. Masuk ke Phpmyadmin

5. Sekarang klik pada tab phpMyAdmin. Ini akan membuka antarmuka database.

6. Anda akan melihat opsi export. Di sana Anda akan memiliki 2 pilihan.

– Quick – hanya menampilkan opsi minimal

– Custom – menampilkan semua kemungkinan opsi

Tekan opsi 2.

Anda harus memilih nama database dalam daftar database. Pada bagian output, masukkan nama file Anda.

Catatan: Tidak ada perubahan yang harus dibuat dalam format. Ini akan tetap SQL.

7. Pilih opsi ” structure and data ” dalam pilihan format-specific.

8. Sekarang untuk menyimpan database Anda, klik Go.

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*