Cara Mengunci Dan Menghapus Data Smartphone Android yang Hilang

Jika kehilangan sebuah smartphone atau perangkat Android lainnya pasti kita akan panik. Bukan hanya karena kehilangan perangkat tersebut, namun kehilangan data-data pribadi akan lebih membuat kita panik. Jika sampai data-data penting tersebut sampai ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab tentu saja akan sangat merugikan.

SmartPhone Hilang

Karena itulah kita harus berjaga-jaga untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk itu. Salah satunya dengan cara memasang aplikasi di smartphone Android kita yang dapat dikendalikan dari jarak jauh untuk mengunci ponsel hingga menghapus semua data-data yang ada di smartphone Android. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai adalah Lookout. Langkah-langkahnya sebagai berikut

1. Install Aplikasi Lookout

Masuk ke dalam Google Play dari perangkat Android kemudian ketikkan “lookout” pada kotak pencarian. Setelah ketemu aplikasi yang dimaksud langsung saja install ke dalam perangkat Android. Tunggu hingga proses download dan pemasangan selesai.

2. Memulai Aplikasi Lookout

Buka aplikasi yang telah terinstal kemudian tekan “Get Started” di halaman utama. Lookout akan menampilkan pilihan untuk melakukan scan pada perangkat untuk mengidentifikasi adanya malware ataupun masalah keamanan lain yang mungkin ada pada smartphone. Tekan “Next” untuk melanjutkan. Proses scanning akan dimulai beberapa saat kemudian.

3. Membuat Akun

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah akun Lookout yang nantinya digunakan untuk mencari lokasi perangkat Android jika suatu saat hilang. Masukkan alamat email kemudian masukkan password sebanyak dua kali. Setelah itu tekan “Create Lookout Account”, kita bisa mengontrol smartphone Android kita dari jarak jauh dan mengetahui keberadaannya dari akun kita melalui MyLookout.com.

4. Menghindari Malware meng-Uninstall Lookout Scanner

Pada aplikasi Android Lookout, fitur gratis akan berwarna hijau, sedangkan fitur premium berwarna biru muda. Pilih menu “Missing Device” di bagian bawah. Pilih “New User” di halaman selanjutnya. Kemudian setelah itu centang pilihan “Enable Better Protection”. Selanjutnya kita harus memberikan ijin Lookout mengakses ponsel kita. Ini akan mencegarh aplikasi berbahaya atau malware meng-uninstall Lookout malware scanner dan melakukan hal lain yang berbahaya.

5. Membuat backup Kontak

Misalkan ponsel kita telah hilang, maka kita tetap bisa melakukan backup data kontaknya dengan cara mengakses MyLookout.com dan masuk ke akun kita. Klik pada ikon besar yang menunjukkan perangkat kita. Kemudian klik tab “Backup”, disana kita bisa menemukan beberapa pilihan untuk melakukan backup. Fitur backup foto hanya bisa digunakan pada Lookout premium.

Bersambung ke bagian ke dua di sini, cara mengunci dan menghapus data Smartphone yang hilang bagian ke dua.

3 Comments on Cara Mengunci Dan Menghapus Data Smartphone Android yang Hilang

  1. Mohon bantuannya.. gmna menghapus gmail saya yg ad di hp lain.. truzz dengan aplikasi cocnya?? Mahon bantuannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*