Marissa Mayer Bujuk Apple Untuk Jadikan Yahoo Sebagai Mesin Pencari Bawaan di iOS

Yahoo dalam satu tahun terakhir gencar melakukan manuver ekspansi bisnis dengan mengakuisisi sejumlah startup dan perusahaan. Di bawah kepemimpinan Marissa Mayer, Yahoo tampaknya mulai bergerak ke arah yang lebih baik.

Salah satu upaya yang dilakukan Marissa adalah mendekati Apple untuk mau menggunakan mesin pencari Yahoo di sistem operasi iOS, yang artinya mendepak Google yang selama ini bercongkol erat.

marissa_new4

Dikutip dari Re/Code, Marissa Mayer dan Adam Cahan selaku SVP divis mobile bekerja sangat keras dan agresif untuk meningkatkan pemasukan dengan memanfaatkan proyek yang berkaitan dengan fitur pencarian. Salah satunya adalah berupaya melengserkan Google dari posisi mesin pencari bawaan perangkat iOS.

Seperti diketahui selama ini iOS dan Safari setia menggunakan Google sebagai mesin pencari bawaan, sementara Bing dijodohkan dengan fitur Siri. Menurut sejumlah pengamat, kesetiaan yang ditunjukkan Apple tak lain karena layanan Google lebih sederhana dan sudah dikenal oleh pengguna. Tapi di belakang itu semua, ternyata Google memberi royalti kepada Apple sebesar $1 miliar per tahun untuk traffic yang didatangkan ke server dan jaringan mereka.

Selama bertahun-tahun Yahoo memang berupaya untuk menggenjot fitur pencarian dan penawaran teknologi iklan, tetapi upaya tersebut belum memberikan hasil yang positif. Setelah Marissa Mayer duduk di kursi CEO, ia ingin agar proyek ini diperbaharui dan ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

Momentum hadir saat Apple merilis update iOS terbaru yang memasukkan data Yahoo ke dalam sejumlah aplikasi dan layanan mereka. Sebagian besar disematkan di aplikasi cuaca dan skor pertandingan olahraga serta beberapa informasi lainnya.

Memanfaatkan peluang ini, Marissa tampaknya ingin dengan segera melengserkan Google dari iOS, namun hingga berita ini dirilis belum ada konfirmasi apapun dari Apple.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*