Cara Mengunci Dan Menghapus Data Smartphone Android yang Hilang Bagian Kedua

Masih mengenai bahasan sebelumnya tentang cara mengunci dan menghapus data smartphone Android yang hilang, berikut ini adalah lanjutan penggunaan aplikasi Android Lookout. Setelah melakukan backup dari data-data yang ada di smartphone Android kita, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

6. Menemukan Lokasi Smartphone Android Yang Hilang

Smartphone Android

Setelah login ke dalam akun di MyLookout.com masuk ke halaman utama kemudian klik tab “Missing Device”. Klik Locate agar aplikasi Lookout bisa mendeteksi keberadaan smartphone Android yang hilang tersebut di dalam peta. Tergantung dari kekuatan sinyal GPS dan Wifi, tingkat akurasi dari titik lokasi yang ditunjukkan di peta dengan lokasi aslinya sekitar 5-20 meter.  Di bagian bawah peta kita bisa melihat koordinat latitude dan longitude serta waktu dan tanggal ditemukannya perangkat yang bersangkutan. Aplikasi ini juga akan mengirim peta ke email kita dan juga menyediakan link  ke Google Map untuk memudahkan pencarian.

7. Nyalakan Alarm untuk Mempermudah Pencarian

Android Smartphone

Lookout dapat diatur untuk dapat mengeluarkan suara alarm dengan nada tinggi yang sangat keras. Kita bisa menyalakan alarm tersebut dari menu Scream yang ada di akun MyLookout.com. Namun disarankan agar terlebih dahulu menggunakan fungsi Locate sebelum menyalakan alarm, karena kita belum tahu pasti posisi smartphone Android kita. Selain itu juga untuk memastikan bahwa Lookout sudah terkoneksi dengan ponsel Android yang hilang tersebut.

8. Kunci Jarak Jauh

Kunci jarak jauh Android

Untuk menggunakan fitur kunci jarak jauh dan penghapusan data kita harus melakukan upgrade ke versi premium. Lookout akan menampilkan 4 angka yang nantinya digunakan untuk membuka ponsel kita jika telah dikunci dari jarak jauh. PIN baru yang dihasilkan secara acak akan ditampikan setiap kali kita memakai fitur kunci jarak jauh ini, jadi lebih baik tulislah PIN yang ditampilkan tersebut.

9. Membuka Kunci Ponsel Yang Sudah Terkunci Oleh Lookout

Look Out Android

Jika smartphone Android telah berhasil ditemukan selanjutnya kita harus membuka “blokir” Lookout. Di halaman utama ponsel akan muncul tampilan Lookout dengan kotak untuk memasukkan PIN. Masukkan PIN tersebut untuk membuka perangkat Android.

10. Menghapus Data Smartphone Android

Pilihan terakhir jika smartphone Android kita tidak bisa ditemukan dan tidak ingin orang lain memiliki data penting yang ada di dalamnya, kita juga menghapusnya secara keseluruhan. Caranya masuk ke tab Missing Device kemudian pilih Wipe Data. Yang perlu diingat adalah Lookout akan menghapus data yang ada di ponsel kita secara keseluruhan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*