Ini Dia 5 Cara Menghemat Baterai Smartphone Lebih Tahan Lama

Menghemat-Baterai-Smartphone

Hal yang paling rentan ketika kita menggunakan HP adalah baterai. Baterai HP jika tidak dijaga dan memakai banyak aplikasi di  HP membuatnya tidak tahan lama bahkan sampai lowbat. Bagaimana cara menghemat baterai Smartphone sendiri agar lebih awet? Meskipun kekuatan baterai pada smartphone dibuat dengan kapasitas yang lebih besar. Akan tetapi, resiko kehabisan baterai tetap saja terjadi terutama ketika sedang bepergian.

Menghemat-Baterai-Smartphone

Justru ketika kita sedang penting-pentingnya memakai HP. HP tiba-tiba saja mati dan tidak bisa digunakan. Anda pasti kesal kan jika tiba-tiba saja baterai smartphone Anda mati ditengah jalan? Nah, bagaimana dengan cara menghemat baterai smartphone agar lebih awet? Ini dia caranya:

  1. Matikan sinyal radio. Biasanya ketika kita sedang berada di suatu daerah, smartphone tiba-tiba saja kehilangan sinyal. Dan hal itu tarjadi bisa karena lokasi smartphone berada jauh dengan menara pemancar sinyal dan bisa juga disebabkan oleh fullnya trafik. Nah, ketika sinyal melemah inilah biasanya smartphone terus menerus mencari jalur koneksi yang terbaik sehingga akhirnya membuat baterai kehabisan dayanya dengan cepat. Maka dari itu, lebih baik Anda segera matikan sinyal radio jika memang sinyal tiba-tiba menghilang dan tidak bisa mendapatkan sinyal pada saat itu. Selain itu, nonaktifkan fitur-fitur seperti Wi-fi dan Bluetooth yang bisa memakan daya baterai.
  2. Matikan fitur ”vibrate” atau mode getar. Terkadang, kita mengaktifkan mode getar ketika sedang rapat atau juga ketika sedang berkendara karena lebih membantu dan efektif ketika ada sms maupun telepon. Tapi, kekurangannya menggunakan mode getar ini membuat baterai jadi cepat habis karena membutuhkan daya lebih besar ketimbang memakai mode ringtone lainnya. Jadi, solusinya adalah matikan mode getar agar tidak menghabiskan daya baterai Anda.
  3. Tutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Beberapa aplikasi jika dibuka secara bersamaan akan menyedot daya baterai, jadi tutuplah aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat daya baterai smartphone Anda.
  4. Nyalakan Airplane Mode. Ini sangat berguna jika Anda tidak ingin repot mengatur setting sinyal. Nah, cara menghemat baterai smartphone secara efektif ini yaitu dengan mengaktifkan Airplane Mode. Maka secara otomatis, semua sinyal GSM, Bluetooth, Wi-Fi, dan sinyal radio akan mati.
  5. Redupkan layar. Nah, ini biasanya yang tidak kita sadari. Dengan tampilan layar yang semakin cerah justru dapat memakan daya baterai lebih cepat. Sebaiknya, lakukan pengaturan di  smartphone Anda untuk mematikan atau meredupkan layar smartphone.

Nah, itulah 5 cara menghemat baterai smartphone agar lebih tahan lama. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*