Cara Membersihkan Touch Screen Smartphone yang Benar

Cara-Membersihkan-Touch-Screen-Smartphone

Touch Screen smartphone merupakan ponsel pintar yang membutuhkan perawatan yang baik dan tepat. Namun, sebelum kita mengetahui cara membersihkan touch screen smartphone ada yang perlu diketahui bahwa smartphone ini memiliki 3 komponen dasar, yaitu :

  1. Panel sensor layar sentuh, yaitu terletak pada lapisan luar tampilan ponsel dan dapat menimbulkan aliran listrik
  2. Pengontrol layar sentuh, yaitu memproses sinyal yang telah diterima dari panel sensor, lalu menerjemahkannya ke dalam bentuk data sentuhan yang didistribusikan kepada prosesor pada komputer
  3. Driver perangkat halus, yaitu memungkinkan panel sensor berfungsi seperti mouse karena menerjemahkan data menjadi sebuah gerakan layaknya mouse.

Cara-Membersihkan-Touch-Screen-Smartphone

Maka dari itu, cara membersihkan touch screen smartphone juga harus tepat jangan asal-asalan karena bisa jadi akan merusak smartphone touch screen Anda. Seperti penggunaan bahan kimia, kain yang tidak tepat, terlalu banyak air, dan menekan layar terlalu kuat. Nah, kesalahan itulah yang akan membuat smartphone Anda menjadi rusak.

Lalu, bagaimana cara membersihkan touch screen smartphone yang benar? Berikut ini dia caranya:

  1. Tidak menggunakan bahan kimia. Seperti yang sudah  dikatakan di atas pembersih yang mengandung alkohol, windex atau anommia akan merusakkan touch screen smartphone Anda. Jadi, hindari penggunaan bahan kimia saat membersihkan Touch Screen.
  2. Gunakan pembersih dari bahan yang lembut. Hindari pemakaian tissue atau kain abrasive, dan paper towels karena selain dapat meninggalkan partikel-partikel kotoran atau debu juga bisa menggores layar. Sebaiknya gunakan kapas atau lap kain microfiber yang khusus dibuat untuk permukaan layar sensitif.
  3. Hindari menggunakan pembersih kaca. Sebaiknya, jangan gunakan pembersih kaca. Karena biasanya pembersih kaca menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa merusak smartphone Anda.
  4. Tidak menggunakan banyak air. Untuk membersihkan touch screen smartphone Anda gunakan sedikit air atau Anda bisa menggunakan kain berbahan microfiber yang agak basah.
  5. Hindari penggunaan Hair Dryer. Ketika smartphone Anda jatuh ke dalam air atau kecemplung, sebaiknya hindari penggunaan hair dryer pada smartphone Anda. Karena pengering rambut akan merusak lempengan material pada smartphone Anda.
  6. Jangan menekan layar. Nah, yang terakhir ini sebaiknya hindari menekan layar terlalu kuat karena akan merusak layar pada smartphone Anda.

Nah, itulah cara membersihkan touch screen smartphone yang benar untuk Anda. Semoga bermanfaat!

1 Comment on Cara Membersihkan Touch Screen Smartphone yang Benar

  1. terima kasih untuk infonya sangat bagus sekali sekarang saya tahu bagaimana cara membersihkan layar gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*