Jika Anda mempunyai perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS seperti iPhone, iPad, atau iPod Touch yang telah menggunakan iOS 5 atau yang lebih tinggi, kini Anda bisa melakukan update perangkat lunak “melalui udara” atau yang biasa dikenal dengan over the air (OTA). Dengan adanya fasilitas ini tentu saja akan memudahkan dalam meng-update perangkat lunak di handset berbasis iOS yang Anda miliki.

Update iOS

Tidak perlu lagi menyambungkan perangkat ke komputer untuk mengunduh file update, melainkan setiap notifikasi update terbaru akan langsung muncul di perangkat iOS Anda. Jadi kapan pun dimana pun kita bisa melakukan update OTA tersebut tanpa harus tersambung dengan komputer.

Berikut ini adalah cara update iOS Over the air

Cara update ios over the air ota

Cek apakah ada update terbaru yang tersedia melalui menu Settings > General > Software Update.

Cara update OS
Jika pembaruan tersedia, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di atas. Disini Anda bisa melihat bahwa update perangkat lunak iOS 5.1.1 tersedia dan terlihat berukuran 54.5MB. Keterangan singkat yang ada di bawahnya tidak memberikan detail apa saja yang termasuk dalam update tersebut. Sehingga untuk memastikan Anda bisa memilih “Learn more” untuk keterangan lebih detail tentang update apa saja yang disertakan.

Satu hal yang patut dicatat sebelum melakukan update adalah ada baiknya jika Anda terlebih dahulu melakukan backup dari perangkat iOS Anda. Karena kegagalan proses update bisa saja terjadi karena pengaruh banyak hal. Jika hal tersebut terjadi Anda bisa dengan mudah melakukan restore dari file backup yang telah dibuat. Anda bisa memanfaatkan fitur backup yang ada di iCloud untuk menyimpan data-data perangkat iOS Anda sebelum melakukan update perangkat lunak. Jika semua sudah siap, tekan “Download and Install”.

Update OSKemudian halaman “Terms and Conditions” akan muncul untuk konfirmasi yang harus Anda setujui. Tekan saja tombol “Agree” untuk melanjutkan ke proses downloadAnda juga akan diminta untuk menghubungkan charger perangkat iOS Anda untuk memastikan baterai masih cukup untuk menyelesaikan download dan instalasi update.

Update OS secara langsungKini Anda akan melihat progress dari pengunduhan file update tersebut. Anda tidak harus selalu menunggu di halaman tersebut, namun Anda bisa menggunakan perangkat iOS Anda seperti biasa sambil menunggu proses download selesai.

Setelah proses download selesai maka akan muncul sebuah pop-up yang mengkonfirmasi untuk menginstal update tersebut saat ini juga atau menundanya. Jika Anda tidak merespon konfirmasi tersebut, secara otomatis update akan diinstal pada perangkat Anda. Layar akan berwarna hitam dengan logo Apple dan sebuah progress bar yang menunjukkan proses update. Setelah proses update selesai maka perangkat iOS akan reboot dan setelah menyala Anda bisa menggunakannya seperti biasa, namun dengan versi perangkat lunak terbaru.