Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara-Menghapus-Aplikasi-Bawaan-Android

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ponsel Android kini adalah jenis ponsel yang diincar oleh banyak orang. Bagaimana tidak, berbagai kelebihan ditawarkan oleh ponsel yang mendapat julukan smartphone tersebut. Salah satunya daya tariknya yaitu banyaknya aplikasi yang dapat dijalankan pada ponsel tersebut, baik itu aplikasi permainan maupun chatting di berbagai situs media sosial. Karena diincar dari sisi aplikasi dan agar semakin digandrungi oleh konsumen, maka tak jarang para produsen ponsel android telah membekali produknya dengan berbagai aplikasi.

Cara-Menghapus-Aplikasi-Bawaan-Android

Selain untuk memuaskan konsumen, hal ini juga sebagai salah satu strategi pemasaran. Namun ternyata tak jarang pula aplikasi tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumennya. Misalkan saja, aplikasi untuk chatting yang digemari oleh anak muda, namun bagi kalangan dewasa aplikasi tersebut sudah jarang digunakan. Memang sudah disiasati oleh pihak produsen, biasanya dalam satu ponsel akan dibekali aplikasi umum seperti map, google search, dan gmail yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan dewasa sebagai penunjang bisnisnya. Aplikasi game juga dibenamkan untuk memuaskan kawula muda. Namun lagi-lagi, banyaknya aplikasi tersebut justru tidak digunakan dan hanya akan menyita banyak memori ponsel.

Menyikapi hal tersebut, maka para pengguna Android tidak perlu bingung karena terdapat suatu cara tersendiri untuk menghapus semua aplikasi yang tidak diinginkan walaupun itu sifatnya bawaan pada ponsel. Aplikasi bawaan atau aplikasi yang sudah terinstal dari awal dibuatnya suatu produk memang tidak dapat dengan mudah dihapus. Hal tersebut dikarenakan adanya sistem android yang memproteksinya.

Kini, di android market telah menyediakan aplikasi yang dapat menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan. Syaratnya, ponsel android tersebut harus dibuka proteksi sistem androidnya atau dikenal dengan istilah rooting. Setelah ponsel di rooting, maka akan mucul aplikasi Superuser yaitu tanda bawah proteksi ponsel telah dibuka. Setelah itu, para pengguna ponsel harus mengunduh aplikasi Link2SD. Aplikasi ini yang akan memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal dan akan menghapus aplikasi bawaan. Caranya yaitu buka menu application manager, setelah itu pilih aplikasi mana yang akan dihapus, tekan hingga muncul pilihan dan pilih opsi hapus.

Demikian cara menghapus aplikasi bawaan android. Semoga dapat dengan mudah pula untuk diterapkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*