Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Rusak Ringan

Cara-Memperbaiki-Flashdisk-Rusak-Ringan

USB flashdisk merupakan salah satu perangkat yang penting, yang berfungsi untuk menyimpan beberapa file atau data. Flashdisk sangat dibutuhkan di era sekarang ini karena sangat mudah dibawa kemana-mana. Utamanya bagi para pebisnis dan pelajar, ketika membutuhkan data yang tersimpan pada komputer yang satu dan ingin dipindah ke komputer yang lain maka menggunakan flashdisk akan lebih mudah. Flashdisk sekarang ini sudah dapat ditemukan dengan mudah di pasaran karena banyak sekali perakit dan penjual flashdisk. Dengan berbagai bentuk, corak, merk, dan kapasitas, flashdisk sangat praktis untuk berbagi file/transfer file seperti dokumen, film, musik, video, dan sebagainya.

Cara-Memperbaiki-Flashdisk-Rusak-Ringan

Adanya berbagai flashdisk yang beredar di pasaran memang memudahkan kita karena kita sebagai pembeli hanya tinggal memilih flashdisk mana sesuai dengan keinginan. Namun ketika sudah membeli, jangan lupa untuk terus memastikan bahwa flashdisk terbebas dari berbagai penyebab kerusakan. Flashdisk juga rentan mengalami kerusakan, biasanya diakibatkan oleh virus. Sudah mengetahui bahwa saat ini banyak sekali virus yang beredar dan dapat merusak data bukan? Nah, karena adanya ancaman virus tersebut maka kita sebagai pengguna harus hati-hati. Flashdisk yang telah tercemar virus juga berakibat buruk kepada komputer. Komputer pun akan terinfeksi, bahkan merusak sistemnya sehingga tidak dapat digunakan untuk apapun. Ancaman terhadap flashdisk dapat juga terlihat ketika flashdisk tiba-tiba error. Ketika mendapati hal ini, maka kita sebagai pengguna atau pemilik flashdisk harus mampu memperbaiki flashdisk yang terindikasi rusak ringan. Kita dapat melakukan perbaikan flashdisk yang rusak ringan, antara lain:

  1. Langkah pertama, hidupkan komputer dan tancapkan flashdisk. Klik Run pada komputer, kemudian tekan cmd, dan selanjutnya check Letter Drive:/f.
  2. Akan muncul pilihan setiap fungsinya. Pertama perintah DOS chkdsk, yang mana ketika itu dipilih maka akan secara otomatis dilakukan pengecekan pada flashdisk yang error. Sementara ketika pilihan Letter Drive dipilih, perintah ini akan diisi drive tempat flashdisk. Dan perintah ketiga yakni /f yang akan memperbaiki errors. Perintah ini akan menghapus segala error yang ada pada flashdisk sekaligus penyebabnya.
  3. Ketika proses selesai (100%), maka akan muncul command convert folder to file, lalu klik Y.
  4. Hapus folder yang terdaftar corrupt dengan menekan DEL V.

Sekian informasi mengenai cara mudah memperbaiki flashdisk yang rusak ringan, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*