Cara Mengatasi Masalah “Driver Not Found” di Windows

Ragam driver yang disediakan oleh Windows terkadang tidak cukup meng-cover semua jenis gadget yang dikoneksikan pada PC Anda. Alhasil, error semacam ‘driver not found’ bukan lagi sebuah hal asing. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengupdate dan menginstal driver secara manual ke sistem Windows.

Langkah awalnya, coba buka paket dari gadget Anda. Biasanya, produsen akan menyediakan CD installer driver dalam pembelian. Jika gadget Anda tidak disertai CD installer driver, maka coba carilah driver tersebut di internet. Untuk amannya, cobalah mengakses website dari produsen gadget Anda tadi. Cari dan unduh driver yang sesuai dengan seri dan jenis gadget yang Anda miliki.

Sambungkan gadget tadi dengan kabel USB ke PC. Klik kanan pada My Computer dari layar Device Manager, kemudian pilih Properties. Untuk mengetahui info driver gadget Anda, klik Device Manager pada sisi kiri jendela. Buka ‘Other Devices’ dan carilah gadget milik Anda. Catat nomor seri dan model yang ditampilkan disana.

 Cara Mengatasi Masalah Driver Not Found di Windows

Klik kanan pada gadget Anda, lalu pilih Properties. Klik Update Driver pada tab General. Klik Browse dan carilah driver yang tadi sudah Anda unduh sebelumnya. Kini, biarkan sistem operasi Anda yang melakukan instalasi.

Cara Mengatasi Masalah Driver Not Found di Windows

Setelah instalasi selesai, kini gadget Anda sudah dapat terbaca di PC. Ada baiknya Anda menyimpan installer driver yang diunduh. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot saat akan melakukan uninstall maupun reinstall.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*