Teknologi Grafis AMD Radeon R7 dan R9 Monopoli Game Kelas Dunia?

Teknologi Grafis AMD Radeon R7 dan R9 Monopoli Game Kelas Dunia?

Konferensi pers GPU14 Tech Day 2013 benar-benar digunakan AMD untuk memamerkan showcase produk terbaru mereka secara penuh. Kolaborasi dengan beragam developer game untuk mendapatkan feedback menghasilkan AMD Radeon R7 dan R9 sebagai anak baru perusahaan ini. Tidak ketinggalan, para developer game pun memamerkan game mereka yang sudah diintegrasikan dengan teknologi GPU AMD Radeon R9 tersebut.

Teknologi Grafis AMD Radeon R7 dan R9 Monopoli Game Kelas Dunia?

Salah satu developer game yang berpartisipasi adalah Eidos. Eidos menampilkan demo game Thief yang akan menggunakan teknologi convolution reverb. Sebelum melangkah lebih lanjut ke fitur yang digunakan, ada baiknya gamer mengetahui konsep dari game godokan Eidos ini. Disuguhkan karakter bernama Garrett, seorang master pencuri, gamer akan memainkan karakter ini dalam first-person. Petualangan Garrett akan sangat gelap dan misterius, dengan menitikberatkan pada nilai stealth dalam menyelesaikan permainan.

Disinilah teknologi convolution reverb digunakan. Teknologi satu ini akan memproses audio secara digital, untuk memberikan efek simulasi suara yang akurat dalam fisik dan ruang game yang dimainkan. Dengan demikian, dalam game Thief ini, suara akan menjadi faktor penting dalam melakukan stealth di sepanjang permainan. Dengan convolution reverb, representasi suara 3D dapat dilakukan. Maksudnya, suara akan sangat menggambarkan ruang interior maupun eksterior secara realistis.

Tentu saja, banyak yang berpikir bahwa hal ini membutuhkan kerja keras ekstra dari CPU. Tantangan tersebut dipatahkan oleh teknologi Trueaudio yang ada pada AMD Radeon R9. Dengan sistem yang dirangkai berdasarkan teknologi Wwise, tentu saja efisiensi kerja dari pengolahan audio digital dapat ditingkatkan.

Beberapa teknologi lain pun diadaptasi untuk memberikan fitur ekstra dalam beberapa game. Salah satunya adalah optimalisasi grafis dalam game Battlefield 4. Dipercaya bahwa game satu ini memerlukan seri Radeon R9 dengan kapasitas memori RAM 4GB yang disediakan GDDR5, karena game satu ini dapat dimainkan dalam resolusi 4K. Karena itu, AMD menyediakan pre-order dari GPU ini yang dibundle dengan Battlefield 4. Battlefield 4 akan dijalankan dengan DirectX 11 yang didukung dalam seri Radeon tersebut.

Untuk game lain, seperti Lichdom, Star Citizen, Dying Light, sampai Tomb Rider, disebutkan akan lebih optimal dengan menggunakan GPU AMD Radeon R9 satu ini. Apakah AMD siap melakukan kudeta di dunia gaming?

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*