Cara Mengamankan Komputer Dari Keylogger

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang keylogger. Aktifitas keylogger ini merupakan sebagian dari kegiatasn hacking dimana sang pemiliki keylogger dapat mencurgi password Anda menggunakan keylogging?

Nah, dalam artikel kita akan bahas sedikit tentang keylogging, dan bagaimana langkah antisipasinya.

Apa itu Keylogging ?

Keylogging adalah salah satu metode hacking untuk mencuri password dari pengguna online ataupun offline. Keylogging dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu, Software dan Hardware

Software

Pada metode ini, seorang hacker atau programmer menghasilkan sebuah keylogger dan menyisipkannya ke software favorit Anda. Ketika Anda menginstall software tersebut di PC Anda, maka keylogger juga secara otomatis terinstall di pc Anda.

Hardware

Keylogging perangkat dapat terlihat seperti flashdisk dan itu dihubungkan secara internal atau eksternal ke pc Anda.

Bagaimana seorang hacker mencuri password menggunakan keylogging ?

Keylogging dilakukan baik melalui software atau juga hardware dapat membahayakan Anda. Ketika Anda menetak enter atau menekan tombol apapun dikeyboard Anda maka itu akan secara otomatis disimpan di keylogger. Misalnya jika Anda menekan pada password maka itu secara otomatis akan di rekam di keylogger dan ketika Anda menghubungkan pc Anda ke internet maka keylogger tersebut Anda mengupload password Anda dis erver mereka atau melalui email.

Cara terhindar dari serangan ini ?

Pertama-tama install top antivirus seperti Avast Antivurs karena aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi keylogger pada hard drive nda dan menghapusnya. Jika Anda sedang menggunakan internet café maka cek usb kabel keyboard Anda. Cek apakah itu disambungkan secara langsung ke pc atau via keylogger.

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*