Cara Mem-Pause dan Resume Aplikasi di OS X

Trik satu ini cukup mudah dilakukan jika Anda familiar dengan command ‘kill’ pada Terminal. Anda dapat menghentikan dan melanjutkan aplikasi dengan alasan apapun. Ketimbang menggunakan paksaan ‘Force Quit’ yang berisiko merusak data aplikasi, Anda dapat menggunakan alternatif command tadi.

Cara Mem-Pause dan Resume Aplikasi di OS X

Cara Mem-Pause dan Resume Aplikasi di OS X

Untuk menggunakan command ini, Anda harus tahu terlebih dahulu process ID (PID) dari aplikasi yang Anda gunakan. Anda dapat melihatnya melalui Activity Monitor, seperti di gambar di bawah. Setelah mendapatkan PID tadi, ingat-ingat sembari membuka Terminal. Anda dapat menemukannya melalui search bar, maupun di Applications pada folder Utilities.

Cara Mem-Pause dan Resume Aplikasi di OS X

Setelah itu, ketikkan command seperti di bawah ini. Gantikan PID dengan angka yang tadi Anda ingat-ingat.

kill -STOP PID

Setelah memasukkan command tadi ke Terminal, tekan Enter. Setelahnya, jangan tutup jendela Terminal Anda tadi. Anda masih memerlukannya untuk melanjutkan (menghidupkan) kembali aplikasi tadi.

Cara Mem-Pause dan Resume Aplikasi di OS X

Aplikasi yang di-kill tadi akan tampak seperti error/hang. Tidak masalah, jangan khawatir, aplikasi tadi hanya sedang ‘tertidur’ saja. Pada Activitiy Monitor akan terlihat seperti berikut.

Cara Mem-Pause dan Resume Aplikasi di OS X_5

Untuk melanjutkan aplikasi tadi, Anda cukup menggunakan command kill seperti di bawah ini.

kill -CONT PID

Anda juga dapat menggunakan command ‘killall’ yang lebih ramah. Perintah tersebut lebih ramah karena Anda cukup memberikan nama dari aplikasi yang ingin dihentikan.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*