Open Source 5 Tahun Lebih Maju Dari Software Berbayar

Teknologi open source atau pengembangan perangkat lunak secara terbuka memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Padahal teknologi open source ini diklaim jauh lebih maju daripada teknologi berbayar yang saat ini baru dikembangkan. Bahkan untuk fitur dan teknologi dari sebuah software open source lebih maju 5 tahun dibandingkan dengan sofware yang berbayar yang banyak digunakan saat ini. Namuun kesadaran masyarakat untuk memakai software open source di Indonesia masih sangat rendah.

Teknologi Open Source jauh lebih maju

Rendahnya pemakaian software open source di Indonesia diantaranya dipengaruhi oleh faktor kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Faktor lainnya adalah keterbiasaan penggunaan software berbayar yang telah dipakai sejak dulu baik di dalam sebuah instansi, perusahaan maupun perseorangan. Padahal penggunaan software berbayar yang resmi di Indonesia masih sangat rendah, sehingga kebanyakan masih menggunakan software bajakan. Hal ini tentu saja tidak perlu terjadi jika kita menggunakan software open source karena tidak perlu membayar lisensi.

Seperti dikutip dari detikINET, Made Wiryana, salah satu orang yang menggiatkan penggunaan open source  di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi mengatakan bahwa teknologi cloud computing ataupun cloud storaage yang saat ini baru mulai populer, sebenarnya sudah tersedia di dunia open source sejak enam tahun yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa software berbayar mengalami ketertinggalan jauh dengan teknologi open source.

Made juga menambahkan bahwa saat ini ada beberapa keunggulan dari sistem operasi open soure yang belum ada pada sistem operasi berbayar manapun. Dan kemungkinan teknologi tersebut akan diadopsi oleh beberapa sistem operasi berbayar dalam waktu beberapa tahun ke depan. Made mencontohkan sebuah teknologi yang disebut dengan ambient technology. Yaitu sebuah teknologi yang bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu ada juga sebuah teknologi lain yang diberi nama Endemic Information System, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan penyampaian informasi secara cepat. Serta masih banyak lagi teknologi yang lainnya yang ada pada software open source yang tidak dimiliki software berbayar.

Namun Made mengakui bahwa software proprietary atau berbayar memang menawarkan kemudahan dalam penggunaan. Beberapa software proprietary sebenarnya memakai teknologi open source namun sudah dikemas dan diolah menjadi lebih menarik dan mudah digunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*