WWDC 2014: Apple Resmi Umumkan Kehadiran iOS 8 dan OS X 10.10 Yosemite

Kejutan besar Apple akhirnya dibongkar tuntas di ajang WWDC 2014 baru-baru ini, ada dua pengumuman besar yang menjadi sajian utama hari pertama pagelaran para pengembang yang digelar setiap tahun tersebut, yakni kehadiran iOS 8 dan OS X 10.10 Yosemite.

iOS-8-OS-X-Screencast

Keduanya merupakan sistem operasi terbaru Apple untuk platform mobile dan PC, di mana masing-masing OS menawarkan sesuatu yang baru mulai dari sisi tampilan hingga fitur.

iOS 8 misalnya menawarkan rancangan tatap muka yang lebih modern dan halus, merupakan hasil pengembangan warisan iOS 7 yang makin diperhalus dengan sudut yang lebih tajam dan tetap dominan panel transparan.

Di bagian fitur, iOS 8 membawa sejumlah teknologi inovatif yang makin memanjakan. Misalnya fitur integrasi photo ke layanan iCloud sehingga setiap kali pengguna mengambil foto maka perangkat akan secara otomatis melakukan sinkronisasi foto ke iCloud. Alhasilnya, pengguna dapat mengakses foto tersebut dari perangkat iOS atau OS X lainnya.

Teknologi baru keyboard yang lebih cerdas termasuk amunisi baru yang dihadirkan iOS 8, kemudian fitur-fitur pendukung kesehatan super lengkap mulai pemindai detak jantung, gula darah, pola tidur, pencatat kegiatan olahraga, dan kalori.

Fitur Family Sharing memuungkinkan 6 orang anggota keluarga untuk menggunakan aplikasi secara bersama-sama apabila salah satu dari anggota keluarga membeli aplikasi, film atau musik dari iTunes atau App Store.

OS X 10.10 Yosemite tak kalah ciamik, hampir sama dengan iOS 8, sistem operasi khusus perangkat Mac dan PC ini meneruskan rancangan warisan iOS 7 namun dengan panel yang lebih modern dan ikon yang elegan.

Fitur-fitur semacam iCloud Drive, AirDrop dan MailDrop menjadi amunisi OS X 10.10 Yosemite. Selain itu ada banyak lagi fitur yang ditawarkan, misalnya tampilan “Today View” yang ditambahkan khusus untuk Notification Center, sehingga pengguna dapat lebih up to date baik dalam hal informasi atau catatan pribadi.

Aplikasi Safari juga mendapatkan perombakan total berupa dukungan HTML 5  Premium Video  yang sepenuhnya mendukung Netflix tanpa tambahan plugin. Keuntungan lainnya dari adanya fitur ini adalah dari sisi konsumsi baterai yang dapat lebih ditekan hingga 2 jam.  iOS 8 dan OS X 10.10 Yosemite akan dirilis ke publik di akhir tahun 2014, antara September hingg Desember.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*