BlackBerry saat ini memang sudah sangat populer. Jika dulunya ponsel BlackBerry identik dengan kalangan profesional tidak lagi dengan saat ini. BlackBerry sudah sangat banyak digunakan mulai dari pebisnis hingga anak-anak sekolah. Kesan gaul jika memakai BlackBerry mungkin menjadi alasan utama banyaknya ponsel ini di masyarakat.

Namun yang kadang tidak disadari adalah ponsel ini juga memiliki keterbatasan, terutama dalam penggunaan memory. Sehingga jika digunakan secara terus menerus misalnya BBM, email dan Facebok atau Twitter yang selalu online semakin lama BlackBerry juga akan menjadi semakin lemot. Berikut ini tips untuk mengatasi BlackBerry lemot

1. Hanya instal aplikasi yang penting

Aplikasi yang terlalu banyak maupun theme yang terlalu banyak pilihan juga akan membebani memori. Periksa kembali aplikasi-aplikasi yang terinstal pada BlackBerry Anda. Hapuslah aplikasi yang tidak terlalu diperlukan atau jarang digunakan.

2. Batasilah bergabung dalam Group BBM

Group BBM merupakan salah satu yang meyebabkan semakin menumpuknya “sampah” di BlackBerry Anda. Hendaknya Anda lebih bijak dalam memilih untuk bergabung dengan grup BBM, karena teman-teman kita juga bisa langsung dihubungi melalui BBM pribadi.

3. Tutuplah chat di BBM yang sudah berakhir

Saat Anda melakukan chat dengan orang lain yang dirasa penting, kita memang bisa menyimpannya di media card. Tetapi jangan sampai Anda menumpuk terlalu banyak percakapan. Selain itu juga biasakan untuk menutup chat BBM yang dirasa bahwa percakapan dengan orang tersebut sudah berakhir.

4. Hapuslah email yang tidak dibutuhkan

Email juga menjadi salah satu penyumbang terbesar yang mengakibatkan BlackBerry menjadi lemot. Karena email yang semakin banyak juga akan semakin memperberat kinerja memori. Apalagi jika email tersebut berisi file attachment yang ukurannya cukup besar.

5. Secara rutiin bersihkan log yang tersimpan pada BlackBerry.

Caranya tekan alt+LG+LG kemudian Menu BlackBerry, Clear log.

6. Hapus memori cache yang ada di browser

Masuk ke browser di BlackBerry kemudian pilih Menu BlackBerry -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history

7. Secara rutin bersihkanlah memory BlackBerry.

Caranya pilih Menu BlackBerry > Options > Security Options > Memory Cleaning > Ubah status ke posisi ENABLE > Menu BlackBerry > Clean Now.

8. Gunakanlah memori eksternal secara maksimal.

Simpan file-file foto,musik, video maupun file-file lainnya di memory eksternal.

9. Reset Blackberry

Sedangkan cara cepat untuk mengembalikan BlackBerry yang lemot bisa dengan cara Tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA  – tombol del — selesai .

Sedangkan cara yang paling ekstrim atau hard reset yaitu dengan cara mencabut baterai saat BlackBerry masih menyala.