Cara Kustomisasi Start Screen Windows 8

Cara Kustomisasi Start Screen Windows 8

Microsoft memperkenalkan Start screen di Windows 8, beberapa orang menyukainya dan beberapa tidak menyukai. Nah, jika Anda sedang menggunakan Windows 8 maka Anda akan familiar dengan start screen-nya.

Cara Kustomisasi Start Screen Windows 8

Windows menampilkan Start Screen di Windows 8 segera setelah Anda login ke PC Anda. Anda selalu perlu mengkustomisasi Start screen Windows 8 sesuai keinginan Anda. Anda mungkin ingin menghilangkan beberapa ubin, mengganti warna dan banyak lagi. Jadi dalam artikel ini penulis akan berikan beberapa cara untuk kustomisasi Start Screen Windows 8.
1. Rubah ukuran Ubin : Beberapa ubin (tiles) di Start screen seperti kalender, foto, dan berita berukuran besar dibanding ubin lain seperti Musik dan Video. Tapi Anda dapat mengontrol ukuran setiap ubin, Anda dapat dengan mudah memperbesar atau menyusutkan ubin apapun dengan hanya mengklik kanan pada ubin tertentu dan memilih Larger atau Smaller daru bawah.
Selain itu, Anda bahkan dapat mematikan ubin  Live seperti berita dan finance yang menampilkan Anda update langsung dari internet. Yang perlu Anda lakukan Adalah klik kanan pada ubin tersebut dan pilih Turn live tile off, selanjutnya hanya nama yang akan ditmapilkan kepada Anda.
2. Atur ubin dalam Group: Start screen dilengkapi dengan fitur ini yang mana orang kebanyakan tidak menyadarinya. Anda dapat mengatur ubin Anda ke group-group dan memberikannya sebuah nama. Untuk membuat sebuah Group, pertama atur semua ubin dalam satu blok yang Anda untuk Group, gunakan Drag and drop untuk mengatur ubin.
Sekarang tahan tombol CTRL dan scroll mouse kebawah, Anda akan melihat 4 group ubin berbeda, sekarang klik kanan pada group yang ingin Anda namau. Anda akan ditampilkan nama group dibawah, klik itu dan berikan nama ada Group.
3. Mengubah warna Start screen dan desain :
Start screen secara default dalam warna ungu atau itu bisa berbeda jika Anda telah memlih warna Anda saat menginstall Windows. Namun sekarang jika Anda bosa dengan warna saat ini maka Anda dapat menggantinya dengan sangat mudah.
Untuk melakukannya cukup arahkan mouse ke sudut kanan layar Anda untuk menampilkan Charm bar. Klik Settings dari bawah dan pilih “Change PC Settings”. Pastikan Anda berada dalam kategoru  “Personalize”, klik pada Start screen untuk mengubah warna start screen dan juga Anda dapat memlihi sebuah desain yang bagus sesuai pilihan. Selain itu Anda dapat mengganti Accoutn Picture Anda dan juga gambar lock screen. Jika Anda sedang menggunakan Windows 8.1 maka itu dilengkapi fasilitas untuk menambahkan gambar background kustom. Namun sayangnya, ini tidak ada pada windows 8 tetapi dapat ditambahkan dengan menggunakan utilitas pihak ketiga.
4. Tambahkan shortcut Shutdown pada start screen : Untuk menambahkan shortcut shutdown pada start screen kita, kita akan secara menual membuat sebuah shortcut, memberikan lokai dan menamainya. Untuk melakukannya kik pada pada Desktop, arahkan ke “New” dan pilih “Shortcut”. Copy paste ini > shutdown.exe /s /t 0     ketika diminta mengteikkan lokasi item, lalu klik Next dan namai dengan “Shut Down” dan klik Finish.
Sekarang shortcut telah siap. Anda dapat mengubah icon shortcut jika Anda perlukan. Setelah mengubah ico, klik kanan padanya dan pilih “Pin to start”, ini akan membuat shortcut ini tampil pada start screen segera, Anda dapat mendrag dan drop dimanapun Anda inginkan.
Jadi itu adalah beberapa tips dalam ksutomisasi Start screen pada Windows 8. Semoga bermanfaat untuk semuanya. !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*