Cara Melindungi jaringan Wi-Fi Dari Hacker

Cara Melindungi jaringan Wi-Fi Dari Hacker

Apakah Anda menggunakan jaringan nirkabel seperti Wi-Fi di rumah atau kantor Anda? Dan takut itu di hack oleh orang lain (hacker)? Sekarang hacking telah menjadi stres atau ketegangan bagi masyarakat dan apakah Anda salah satu di antara mereka yang mendapatkan stres karena aktifitas ini? Maka kini anda tidak perlu khawatir tentang hal itu, dan biarkan saya menangani stres dan masalah, yang Anda hanya perlu lakukan adalah pergi melalui artikel ini dan mencoba tips yang dinyatakan oleh Anda sendiri dan belajar Bagaimana Melindungi jaringan Wi-Fi.

Cara Melindungi jaringan Wi-Fi Dari Hacker

 

1.Gunakan WPA:

Banyak koneksi WI-Fi menyediakan WEP (Wired Equivalent Privacy) untuk melindungi jaringan nirkabel Anda, tapi sekarang dapat dengan mudah rusak / dihack oleh hacker dengan menggunakan hacking Suite sederhana dalam waktu singkat. Jadi untuk melindungi jaringan nirkabel Anda sepenuhnya Anda dapat menggunakan WPA (Wi-Fi Protected Access), dan dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa WPS (Wireless Lindungi Setup) dinonaktifkan dalam pengaturan router. Ini adalah tips Basic untuk Melindungi Jaringan Wi-Fi Anda
2. Gunakan sandi WAP yang aman dan kuat

Selalu memastikan bahwa password yang Anda pilih untuk jaringan nirkabel Anda panjang dan acak sehingga tidak dapat retak / hack oleh hacker. Dan untuk menguji seberapa kuat password Anda, Anda dapat menggunakan layanan CloudCracker. Dalam layanan ini Anda akan diminta beberapa data dan Anda perlu memasukkannya (bukan password), dan kemudian akan mencoba mengidentifikasi password Anda (hal itu dilakukan dengan cara yang sama oleh hacker yang mencoba untuk mengetahui password Anda), jika gagal untuk menemukan password Anda, maka Anda siap untuk menggunakan jaringan nirkabel Anda dan  jika ditemukan password Anda, maka Anda tidak punya pilihan lain selain meninggalkan password tersebut dan mengubah password Anda.

3. Pisahkan jaringan untuk tamu

Jika Anda terlibat dalam bisnis yang memungkinkan pengunjung untuk menggunakan Wi-Fi Anda maka masuk akal bahwa Anda menawarkan jaringan tamu. Dengan melakukan hal ini para pengunjung akan dapat terhubung ke internet tanpa mendapatkan akses ke jaringan internal perusahaan Anda. Ini secara efektif akan membantu Anda dalam melindungi informasi perusahaan Anda dan juga dari segala jenis malware dan virus yang mempengaruhi jaringan atau sistem.
4. Sembunyikan nama jaringan

Setiap kali Anda bisa terhubung dengan jaringan nirkabel pertama dan hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengubah pengaturannya, sesuai dengan pengaturan default nama jaringan nirkabel yang di broadcast untuk membuatnya mudah ditemukan dan terhubung. Tapi Layanan set identifier (SSID) juga dapat diatur untuk “Hidden” sehingga tidak ada seorang pun kecuali Anda yang akan diizinkan untuk melihat nama jaringan nirkabel Anda.

kesimpulan:

Pastikan firewall Anda diaktifkan dan Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak antivirus dan antispyware dari Microsoft Security Essentials atau Windows Defender yang Anda percayai.

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*