Awas Malware Android Baru bernama Selfmite, Menyerang via SMS

Para peneliti keamanan dari Adaptive Mobile mengatakan bahwa Malware Android Selfmite memiliki cara penyebaran dan efek yang berbeda dari Trojan ataupun Worm.

Selfmite memang bukan Trojan atau Worm, dan cara penyebarannya sangatlah unik yaitu menjebak korbannya via SMS dengan tautan ‘Berbahaya’. SMS tersebut menjebak korban nya dengan bunyi Sayang [NAMA], coba unduh Self-Time (nama aplikasi) dan seterusnya…

Jika korban terjebak dan mengunjungi tautan tersebut, makan korban akan diminta untuk mengunduh dan menginstall berkas APK Self-Time yang kemudian akan muncul ikon Self-Time di home screen dan jika korban membuka program tersebut, perangkat akan memerintahkan untuk mengirim pesan ke 20 orang dari kontak ponsel korban.

Kemudian yang terjadi adalah korban diminta untuk menginstall Mobogenie. Sebuah aplikasi yang sebenarnya sah di Google Play Store.

Uniknya, setiap pengguna menginstall aplikasi tersebut, sang pembuat malware akan menerima bayaran atau mendapat penghasilan dan ini menyalahi aturan layanan iklan Pay Per Install, kata Maslennikov dari AdaptiveMobile. Maslennikov pun mengatakan bahwa “Selfmite adalah satu serangan malware yang cukup unik”.

Sebelum menyebar, para peneliti untungnya berhasil menemukan worm ini. AdaptiveMobile sendiri telah memblokir pesan yang tersemat tautan ke jaringan konsumen mereka. Google pun telah diminta untuk menonatifkan URL dipersingkat (goo.gl) yang jadi sematan tautan link worm tersebut setelah perusahaan keamanan tersebut menghubungi mereka.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*