Tak Lagi Jualan Ponsel, Nokia Fokus ke Bisnis Ini

Nokia Drive
Nokia Drive

Sepertinya sekarang ini Nokia sudah siap untuk membuka lembaran baru setelah dewan direksi melepas unit bisnis perangkat dan layanan bisnis ponsel Nokia kepada Microsoft. Selain unit bisnis ponsel, Nokia masih memiliki tiga unit bisnis Nokia yang tidak dibeli oleh Microsoft.

Kabarnya, ketiga unit bisnis tersebut akan terus berdiri sendiri dan tetap fokus untuk memberikan layanan serta terus mengembangkan produk.

Dalam hal ini, Nokia menyatakan bahwa mereka akan tetap bermain dengan kekuatan yang ada, tiga unit bisnis tersebut adalah layanan peta digital dan lokasi, pengembangan teknologi, serta layanan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi.

Selain itu, Nokia juga akan masih akan tetap menawarkan platform peta digital dan juga lokasi yang berbasis cloud. Seperti kita ketahui, produk peta digital terbaru milik Nokia adalah Nokia Here yang juga tersedia untuk berbagai perangkat mobile dan situs web.

Untuk kedepannya, Nokia Here juga akan dikembangkan secara terus menerus supaya menjadi produk yang terintegrasi dengan solusi korporasi dan dan menjadi pilihan industri-industri otomotif untuk pengembangan GPS.

Nokia juga akan tetap menjadi pemain kunci dalam industri infrastruktur jaringan dan juga layanan telekomunikasi. Hal tersebut berkaitan dengan selesainya proses Nokia untuk memiliki sepenuhnya Nokia Siemens Network (NSN) setelah mereka membeli 50 persen saham Siemens dalam perusahaan patungan NSN.

Jangan lupa, Nokia juga juga masih punya Advanced Technologies, yang merupakan unit bisnis untuk pengembangan dan lisensi paten teknologi. Advanced Technologies ini sangat diharapkan untuk menciptakan peluang bisnis baru dalam konektivitas, web, teknologi material hingga cloud computing.

Aneh memang rasanya jika tak lagi menemukan ponsel atau smartphone bermerk Nokia di pasaran, kendati Microsoft tampaknya masih menggunakan bran tersebut di sejumlah produk terbaru mereka.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*