Gartner; Pasar Tablet Akan Melemah di Tahun 2014

Tablet-Acer-Iconia-B1–A7

Perusahaan penelitian dan konsultan teknologi informasi asal Amerika Serikat, Gartner, mengatakan bahwa total penjualan produk-produk tablet akan mengalami perlambatan selama tahun 2014. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian Gartner terhadap trend penjualan gadget pada bulan Juni lalu, yang mendapatkan fakta bahwa dari jumlah penjualan di tahun 2013, meskipun faktanya total penjualan di tahun 2014 telah mengalami peningkatan sebesar 23.9 persen.

Namun, tetap saja angka pertumbuhan tersebut mengalami perlambahan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah penjualan PC yang diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 4.2 persen dari tahun sebelumnya.

Masih menurut Gartner, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perlambatan jumlah penjualan tablet tersebut. Beberapa diantaranya adalah berkurangnya minat masyarakat terhadap produk-produk tablet dengan layar kecil dan kecenderungan pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, untuk lebih memilih phablet, yang juga sering disebut ponsel besar atau tablet mini, dibandingkan tablet.

Salah satu faktor lain yang juga disebutkan oleh Gartner adalah harga. Dalam hal ini, masyarakat sekarang umumnya cenderung lebih memilih produk murah dibandingkan produk yang kaya fitur.

Meskipun demikian, Gartner memprediksi bahwa total penjualan produk-produk tablet di pasaran akan kembali mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2015 mendatang, dengan total penjualan yang diprediksi akan mencapai 321 juta unit, lebih banyak dibandingkan dengan total penjualan PC yang diprediksi mencapai 317 juta unit.

Hasil riset ini merupakan gambaran bagaimana geliat pasar tablet selama tahun 2013 dan 2014, kendati penjualan di tahun ini masih bagus namun diprediksikan mulai melemah di kuartal akhir 2014 akibat banyak bermunculan smartphone dengan layar yang lebih lebar.

Pasar tablet dan PC menjadi perhatian berbagai kalangan mengingat keduanya saling menggantikan peran. Kebutuhan kerja dan mobilitas menuntut produsen untuk mampu menawarkan keduanya dalam satu paket perangkat. Itu sebabnya peningkatan pasar tablet menggerus pasar PC.

Kondisi ini akan terus berkembang tergantung pada tren konsumen, tren perangkat phablet mulai memberikan tekanan terhadap pasar tablet, terungkap dalam riset terbaru Gartner ini.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*