Bagaimana merancang selebaran tanpa software desktop publishing

Bagaimana merancang selebaran tanpa software desktop publishing

Paket perangkat lunak desktop publishing mungkin adalah aplikasi terbaik untuk merancang selebaran. Namun, ada alternatif untuk DTP. Bahkan, Anda dapat merancang selebaran tanpa perangkat lunak desktop publishing dari situs Canva.

Bagaimana merancang  selebaran tanpa software desktop publishing

Buka situs Canva dengan versi terbaru dari Firefox atau Google Chrome. Canva tidak bekerja di Internet Explorer atau Opera. Lalu masukkan email, password dan klik tombol Sign up berwarna hijau. Masukan log Anda dalam rincian, dan klik pada icon Canva untuk melewati video YouTube dan membuka halaman Anda.
Di bagian atas halaman ada deretan pilihan proyek untuk dipilih. Klik Editor’s pick untuk memunculkan pilihan layout Canva. Pilih template dan tombol Remix hijau untuk membuka pilihan layout di sisi kiri.

Setelah Anda memilih template tata letak yang cocok, Anda dapat lebih menyesuaikan gambar dan kotak teks. Untuk menambah lebih banyak gambar, masukkan kata kunci di kotak pencarian di atas template. Itu akan menemukan berbagai gambar untuk menambah selebaran yang akan dibuat. Drag dan drop gambar ke layout Anda. Perhatikan bahwa beberapa gambar Canva adalah gambar yang memiliki hak cipta. Klik pada pilihan Upload untuk menambahkan gambar Anda sendiri untuk brosur itu.

Setelah menambahkan beberapa gambar, klik pada itu untuk membuka opsi kustomisasi lebih lanjut. Sebagai contoh, Anda mungkin bisa memilih warna gambar alternatif. Klik pada gambar dan kemudian lingkaran berwarna untuk membuka palet dengan berbagai warna untuk dipilih. Untuk menambah transparansi gambar, klik panah kecil di sebelah kanan toolbar dan pilih Transparency. Anda juga dapat memutar gambar dengan klik kiri pilihan Rotate this element di bawahnya. Kemudian memutar gambar ke kiri atau kanan.

Klik pada kotak teks selebaran untuk memasukkan teks baru di dalamnya. Anda dapat memilih berbagai font dan ukuran alternatif dari pilihan toolbar teks. Atau, Anda bisa menambahkan kotak teks baru dengan memilih opsi Text di sebelah kiri halaman. Drag dan drop gaya grafis teks ke template.

Ketika Anda selesai mengedit selebaran, klik pada link tersebut & option Publish. Selanjutnya pilih opsi PDF untuk men-download selebaran Anda sebagai dokumen PDF. Buka dokumen PDF dengan perangkat lunak yang sesuai, dan Anda dapat mencetak brosur itu.

Jadi siapa yang membutuhkan software desktop publishing? Canva mencakup semua peralatan yang diperlukan untuk membuat selebaran yang besar. Selain itu, Anda juga dapat merancang dokumen alternatif seperti poster, slide presentasi dan kartu nama dari situs web.

Selamat mencoba !

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*