Saham Facebook Jadi Rebutan

Facebook jejaring sosial yang paling besar di dunia saat ini kini tengah bersiap menjelang penawaran publik sahamnya (IPO). Tinggal hitungan jam lagi sebelum peluncuran IPO tersebut. Pada tanggal 18/05/2012 waktu Amerika Serikat Facebook akan melepas perdagangan sahamnya di bursa saham Wall Street.

Saham Facebook tersebut sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para pelaku saham. Peminat saham tersebut sangat luar biasa hingga rasionya berbanding 1:20 untuk perbandingan saham dan jumlah peminatnya,seperti dilansir Reuters. Hal ini berarti ada 20 pihak maupun orang yang “berebut” satu lembar saham Facebook.

Facebook Saham IPO

Namun sayangnya tidak semua orang atau pihak yang memperebutkan saham tersebut akan memperolehnya. Karena penjualan saham perdana Facebook tersebut akan dijual dengan cara Wall Street. Segala hal yang berkaitan dengan penjualan saham Facebook itu memang diserahkan kepada Wall Street. Sehingga yang menentukan seseorang atau pihak bisa mendapatkan jatah saham atau tidak adalah seberapa dekat hubungannya dengan para banker yang mengelola penjualan saham perdana Facebook tersebut.

Besarnya minat terhadap penawaran IPO Facebook tersebut karena diperkirakan setelah IPO tersebut dilaksanakan saham Facebook akan mengalami kenaikan yang sangat luar biasa hingga 50%. Kemungkinan seperti itu tentu saja tidak akan disia-siakan oleh berbagai pihak, sehingga mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkannya.

Harga per lembar saham Facebook yang akan dijual saat IPO tersebut juga dikabarkan terus naik. Jika sebelumnya Facebook berencana akan menjualnya dengan kisaran harga 24 sampai 28 dollar AS per lembar saham, saat ini dilaporkan bahwa Facebook memutuskan untuk menjual sahamnya antara 34 hinga 38 dollar AS atau sekitar Rp 340 ribu per lembar saham. Kabar tentang harga saham Facebook tersebut diperoleh dari sumber terpercaya yang menyampaikannya ke The Wall Street Journal.

Facebook Saham

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa masih ada kemungkinan harga saham tersebut masih akan terjadi kenaikan karena para eksekutif di Facebook belum menentukan keputusan akhir. Lebih lanjut sumber itu juga menyebutkan bahwa Facebook berniat untuk menaikkan harga sahamnya lebih tinggi namun ditolah oleh para investor.

Jika nantinya saham Facebook benar dijual seharga 38 dollar AS per lembar saham maka secara total Facebook akan bernilai 14 miliar dollar AS yang menjadikannya sebagai perusahaan internet pertama di Amerika Serikat dengan nilai tertinggi saat penawaran saham perdana.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*