Apple Tanggapi Tuduhan CCTV Mengenai iPhone

iPhone-5C

Stasiun televisi nasional milik pemerintah Tiongkok, China Central State Television (CCTV) belum lama ini, tepatnya pada hari Jumat yang lalu, mengatakan bahwa iPhone merupakan sebuah ancaman bagi para penggunanya.

Hal ini didasarkan pada layanan yang Apple tambahkan pada produk-produk iPhone, yaitu fitur Frequent Location, yang akan memberitahukan informasi mengenai keberadaan penggunanya kepada publik secara berkala. Menurut CCTV, layanan tersebut dapat membocorkan rahasia-rahasia dari para penggunanya, bahkan sampai rahasia negara.

Menanggapi tuduhan tersebut, pihak perusahaan asal Amerika Serikat sendiri telah menulis di situs resmi mereka mengenai tanggapan mereka, dengan mengatakan bahwa para pengguna iPhone di Tiongkok sudah cukup dewasa untuk dapat mengetahui kapan untuk mengaktifkan fitur tersebut dana kapan untuk membiarkannya dalam keadaan mati.

Lebih lanjut, Apple mengatakan bahwa fitur tersebut tidak pernah dimaksudkan untuk melacak keberadaan seseorang, dan tidak ada rencana untuk membuat fitur tersebut menjadi alat pelacak orang.Namun demikian, pihak Apple tetap berterimakasih atas perhatian yang ditunjukkan oleh pihak CCTV.

Fitur Frequent Location sendiri merupakan fitur iPhone yang memberikan informasi mengenai keberadaan pemilik perangkat iPhone tersebut.Informasi tersebut kemudian akan disimpan di perangkat iPhone masing-masing dan tidak pernah disebarluaskan, baik itu melalui iTunes maupun iCloud. Hal tersebut membuktikan bahwa pihak Apple sama sekali tidak memiliki akses untuk memasuki informasi pribadi para pengguna iPhone.

Hingga tulisan ini dipublikasikan belum ada tanggapan balik dari pemerintah Cina. Bagi Apple ini merupakan tuduhan serius, dan dianggap demikian karena Cina merupakan salah satu pasar potensi iPhone yang tentunya tak ingin dilepaskan begitu saja.

Di Cina sendiri terdapat banyak brand smartphone yang beredar, namun kualitas iPhone tampaknya masih sulit untuk ditaklukkan begitu saja oleh salah satu pesaingnya Xiaomi.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*