Cara menyimpan situs web sebagai MHTML di Chrome

Cara menyimpan situs web sebagai MHTML di Chrome

Secara default, Anda dapat menggunakan “Save Page as” Chrome untuk menyimpan halaman web dalam format HTML. Pilihan ini baik terutama jika Anda ingin men-download dan mengedit halaman tapi untuk pengarsipan halaman, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pilihan untuk menyimpan halaman sebagai MHTML.

Cara menyimpan situs web sebagai MHTML di Chrome

Keuntungan dari menyimpan halaman sebagai MHTML adalah bahwa hal itu membuat semua elemen utuh dalam file halaman tunggal. Namun, dengan HTML, hanya bagian HTML dari halaman yang sedang disimpan ke file , sementara unsur-unsur lain (foto, script, style sheet., Dll) akan disimpan ke dalam folder terpisah. Oleh karena itu, jika Anda memilih untuk menyimpan halaman sebagai MHTML, Anda bisa melihatnya secara offline pada browser Anda tanpa khawatir bahwa beberapa elemen akan gagal untuk memuat dengan benar.

Hanya saja, secara default, opsi ini hilang dalam pilihan “Save page as”. Jika Anda ingin menyimpan halaman web sebagai MHTML (alias MIME HTML), Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah Satu

Pada Chrome browser, ketik “chrome: //flags/” pada address bar (URL bar) lalu tekan “Enter”.

Langkah Dua

Pada browser halaman “chrome: // flags /”, cari bagian “Save Page as MHTML” kemudian klik “Enable” tepat di bawahnya. Setelah selesai, klik “Relaunch Now” di bagian bawah halaman untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Langkah Tiga

Setelah kembali meluncurkan browser Anda, klik tombol menu tepat di bawah tombol keluar dan kemudian pilih opsi untuk “Save page as”. Untuk pilihan lebih cepat, cukup klik “Ctrl + S”.

Sebuah jendela dialog akan muncul dan akan meminta Anda untuk menyimpan halaman sebagai “All Files” bukan “Webpage, Only HTML” atau “Webpage, Complete”.

Setelah itu, file tersebut akan disimpan sebagai .mhtml. Anda juga dapat memilih untuk mengedit dan menyimpannya sebagai .mht. Jika Anda ingin membawa kembali default “Save page as”, Anda harus menonaktifkan “Save Page as MHTML” dalam bagian “chrome: // flags /”.

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*