Bagaimana untuk mengetahui apakah kode QR aman atau tidak

Bagaimana untuk mengetahui apakah kode QR aman atau tidak

Sejujurnya, tidak semua kode QR aman. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa memindai kode Quick Response berbahaya tapi sayangnya, sudah terlambat. Anda sudah jatuh sebagai korban spam dan bentuk lain dari serangan berbahaya.

Bagaimana untuk mengetahui apakah kode QR aman atau tidak

Sekarang, apakah cara bagi Anda untuk mengetahui apakah kode QR aman atau tidak? Nah, berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk melindungi diri dari kode QR palsu dan berbahaya.


Pilih pembaca kode
QR terpercaya

Jangan pernah menggunakan aplikasi pembaca kode QR yang tidak memberikan langkah-langkah pencegahan untuk menjaga pengguna mereka aman dari kode berbahaya atau berbahaya. pastikan untuk memilih pembaca kode QR yang menawarkan preview cepat dengan isi kode sehingga Anda akan tahu apakah itu aman untuk dibuka atau tidak.

Jika Anda menggunakan Android atau iOS, ada beberapa pembaca QR Code di luar sana yang aman dan cukup handal untuk digunakan. Satu contoh yang bagus dari hal ini adalah Norton Snap. Anda juga dapat mencoba menggunakan ZXing Tim Barcode Scanner.

Adapun Norton Snap, tidak hanya menyediakan Anda dengan preview cepat konten kode ini tetapi juga akan menilai kode sehingga Anda akan tahu apakah itu aman, berbahaya atau belum teruji. Hal yang baik tentang aplikasi ini adalah itu bebas untuk digunakan dan aat ini tersedia untuk kedua perangkat Android dan iOS.

Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan kode QR scanner yang membutuhkan banyak izin bahkan jika itu sudah di luar ruang lingkup fungsi.
Hindari memindai kode QR acak

Saat ini, Anda dapat menemukan kode QR di majalah, koran, kartu panggil, cangkir kopi dan bahkan pada T-shirt dan mug. Dengan kata lain, mereka di mana-mana. Meskipun demikian, tidak selalu berarti bahwa semua kode-kode ini aman dan otentik. Siapa yang tahu? Beberapa dari mereka mungkin dirusak. Jadi sebelum Anda memindai kode, dicek dulu.

Jangan hanya memindai setiap kode yang Anda lihat. Hal yang sama berlaku untuk kode yang Anda lihat di berbagai blog dan situs. beberapa kode ini mungkin berisi link berbahaya yang tersembunyi di dalam URL pendek.

Untuk lebih melindungi diri dari serangan berbahaya, pastikan bahwa perangkat Anda atau komputer memiliki anti-virus dan aplikasi anti-malware.

Semoga bermanfaat !

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

3 Comments on Bagaimana untuk mengetahui apakah kode QR aman atau tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*