Bagaimana meng-capture dan mengedit halaman screenshot penuh pada Chrome

Bagaimana meng-capture dan mengedit halaman screenshot penuh pada Chrome

Halaman screenshot lengkap bisa berguna terutama jika Anda ingin menggunakan situs tertentu sebagai acuan tata letak situs Anda sendiri dan desain. Hal ini juga dapat digunakan untuk dengan cepat menyimpan artikel web sebagai gambar dan bukan dokumen PDF. Tidak peduli apa alasan Anda untuk mengambil screenshot halaman penuh. Yang penting adalah bahwa Anda tahu bagaimana melakukannya dengan benar. Sayangnya, Anda tidak dapat mengandalkan  fungsi print screen default komputer Anda karena hanya bisa menangkap area yang terlihat dari sebuah halaman atau situs.

Bagaimana meng-capture dan mengedit halaman screenshot penuh pada Chrome

Adapun mereka yang menggunakan Chrome, Anda dapat dengan mudah mengcapture screenshot halaman penuh setiap halaman selama Anda mengikuti panduan di bawah ini. Anda bahkan dapat mengedit screenshot tepat sebelum Anda menyimpannya ke komputer Anda.
Mengcapture dan mengedit halaman screenshot penuh pada Chrome

– Pada browser Chrome Anda, pergi ke Web Store kemudian download dan instal ekstensi “Webpage Screenshot”.
– Setelah diinstal, ekstensi akan menambahkan ikon kecil di sisi kanan address bar Anda

– Sekarang, pergi ke situs web atau halaman yang Anda inginkan. Untuk mengambil screenshot halaman penuh itu, cukup klik ikon Webpage Screenshot pada browser Anda dan kemudian pilih “All pages screenshot”.

–¬† Tunggu beberapa detik sementara ekstensi melakukan tugasnya. Setelah selesai, maka akan terbuka screenshot halaman penuh Anda pada jendela baru. Ini adalah di mana Anda dapat melihat dan mengedit screenshot Anda sebelum menyimpannya ke komputer Anda.

– Untuk mengedit screenshot Anda,cukup menggunakan alat yang tersedia yang tercantum pada toolbar. Anda dapat memotong screenshot dengan menyorot bagian yang ingin Anda simpan. Anda juga dapat menyisipkan beberapa teks, garis, bentuk kustom, dll

– Setelah Anda selesai mengedit screenshot Anda, cukup klik tombol “Save” yang terletak di sudut kanan toolbar. Anda kemudian akan diminta untuk men-download dan menyimpan screenshot yang telah di diedit ke komputer Anda.

– Jika Anda ingin, Anda juga dapat memilih untuk menyimpan screenshot langsung ke Google Drive atau Dropbox. Anda juga dapat berbagi secara online dengan mengirimkan tautan ke kontak Anda melalui email, Facebook, Twitter, dll

Semoga bermanfaat !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*