Peneliti Ciptakan Robot Dengan Roda Origami

Selama ini roda selalu memiliki bentuk lingkaran. Sejauh ini tidak ada bentuk lain yang mampu menandingi bentuk tersebut. Namun, para peneliti dari Seoul National University di Korea Selatan telah berhasil menciptakan roda inovatif yang berbeda dari roda pada umumnya.

Para peneliti tersebut telah menciptakan sebuah robot origami yang dilengkapi dengan roda unik yang dapat berubah bentuk tergantung dari keinginan penggunanya.

Roda pada robot tersebut dibuat berdasarkan ‘pola bola ajaib’ di mana saat kertas dilipat akan menjadi origami. Tujuan dari pembuatan roda unik adalah untuk membuat roda dalam beberapa tipe sesuai dengan kebutuhan.

Jadi ketika robot akan menghadapi rintangan yang besar, robot tersebut mampu mengembangkan rodanya untuk berjalan di atas objek tersebut. Roda tersebut juga dapat dibuat mengecil ketika akan menghadapi medan yang sempit.

origami-wheels-head-590x330

Professor Kyu Jin Cho selaku pemrakarsa pembuatan roda unik ini mengklaim bahwa roda – roda robot ukurannya dapat diperkecil hingga 2 inchi dan diperbesar hingga 4 inchi tiap rodanya. Roda robot tersebut akan mengecil atau mengembang secara otomatis karena telah dilengkapi dengan sensor di dalamnya yang mampu mendeteksi keadaan di sekitarnya.

Peneliti tersebut juga menambahkan bahwa roda tersebut tidak perlu disetel. Jika roda tersebut mendapatkan beban yang terlalu berat untuk berputar, roda tersebut akan bekerja secara otomatis untuk sampai bergerak sendiri. Walaupun masih sulit diterapkan di kehidupan nyata, namun robot origami ini akan sangat bermanfaat untuk penjelajah antar planet.

Teknologi ini jadi terobosan baru di dunia robot, bukan tidak mungkin suatu saat akan diproduksi massal dan dikomersilkan.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*