Paten yang Digugat Apple ke Samsung Dinyatakan Tidak Valid

Masih ingat bagaimana perseteruan antar kedua perusahaan raksasa di teknologi ponsel pintar sempat membuncah ke media? Gugatan demi gugatan yang dilancarkan Apple ke Samsung mengenai hak paten bahkan sampai dibawa ke meja hijau. Apple sempat berada di atas angin saat pengadilan di Amerika Serikat memenangkan gugatan tersebut.

Hal ini berujung pada penjatuhan denda sebesar US$ 119,6 juta kepada Samsung. Perusahaan asal Korea tersebut harus menelan pil pahit tersebut pada pengadilan kedua perihal hak paten tersebut. Adapun saat itu, Apple menggugat Samsung dinilai menggunakan teknologi prediksi input teks, teknologi yang sama yang didaftarkan Apple ke kantor hak paten.

Kabar yang beredar, Samsung masih tidak menyerah. Pihaknya sempat memberikan laporan yang mungkin akan meringankan denda yang harus dibayarkannya.

Kepada hakim Lucy Koh, Samsung mengumpulkan data yang menyatakan bahwa hak paten Apple pada teknologi yang dimaksud sebenarnya tidak valid. Kantor USPTO (United States Patent and Trademark Office) sempat menolak hak paten bernomor 8,074,172 untuk teknologi terkait tersebut.

Hak paten yang tidak valid itu tidak serta merta akan membuat Samsung bebas dari denda tersebut. Walaupun ditemukan bukti bahwa hak paten dari Apple tersebut ditolak pihak yang berwajib, dari pihak juri dan hakim di pengadilan tersebut sudah setuju bahwa Samsung memang melakukan pelanggaran hak paten milik Apple.

About Bambang 356 Articles
about me is about this

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*