6 Tips Menghasilkan Foto Yang Baik Dari Kamera Smartphone

Smartphone saat ini bukan hanya sekedar alat komunikasi baik teks maupun suara. Smartphone telah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk keperluan untuk mengabadikan momen tertentu yang terjadi di sekitar kita. Mengambil foto dengan smartphone bagi sebagian orang dirasa lebih praktis karena tidak perlu membawa perangkat lain atau kamera digital untuk mengambi gambar. Namun perlu disadari tentang keterbatasan kamera smartphone jika dibandingkan dengan kamera digital yang sebenarnya. Sehingga Anda harus memperhatikan cara-cara mengambil gambar dengan kamera smartphone agar menghasilkan gambar yang memuaskan. Simak tips mengambil gambar dengan kamera smartphone berikut

Gambar Smart Phone Camera

Bersihkan lensa kamera

Anda pasti tahu bahwa sebuah smartphone yang mempunyai banyak fungsi hampir setiap saat selalu berada di dalam genggaman atau saku kita. Sehingga memungkinkan terkumpulnya debu atau kotoran lainnya yang menempel pada lensa. Ada baiknya secara rutin Anda memeriksa kebersihan lensa kamera smartphone.

Stabilkan tangan saat memotret

Karena tidak semua kamera smartphone telah dilengkapi dengan teknologi image stabilizer maka sebisa mungkin usahakan agar tangan Anda tidak banyak bergerak saat mengambil foto dengan kamera smartphone.

Manfaatkan cahaya dengan baik

Cahaya merupakan faktor utama dalam pengambilan gambar pada sebuah objek. Jangan langsung menjepret saat baru membuka kamera tetapi biarkan dulu beberapa detik agar kamera smartphone menyesuaikan dengan lingkungan sekitar sehingga pengaturan white balance akan lebih baik.

Coba sudut yang berbeda

Jika Anda tidak bisa mendapatkan gambar yang cukup baik, maka berpindahlah untuk bisa mengambil gambar dari objek yang Anda bidik dari sudut yang beerbeda. Jika Anda mempunyai banyak kesempatan, akan lebih baik jika Anda mengambil gambar dari berbagai sudut sebanyak yang Anda bisa.

Tingkatkan resolusi

Jika smartphone Anda mempunyai pilihan resolusi untuk pengambilan gambar, akan lebih baik jika Anda memilih resolusi yang paling tinggi. Karena Anda akan mendapatkan sebuah foto yang lebih detal. Hal ini juga penting jika nantinya foto tersebut diperbesar. Sehingga hasilnya tidak akan pecah dan tetap tajam.

Hindari digital zoom

Digital zoom secara teori memang akan membantu Anda untuk memotret objek  yang jauh. Namun kemungkinan hal tersebut justru bisa merusak hasilfoto Anda. Karena digital zoom sebenarnya tidak memainkan fokus kamera melainkan hanya memperbesar tampilan yang telah ditangkap oleh kamera. Sama halnya ketika Anda mempunyai sebuah gambar kemudian memperbesarnya dan menggesernya ke bagian tertentu untuk melihat lebih jelas. Jika terlalu besar gambar tersebut akan tetap buram bukan?

Demikian adalah 6 tips menghasilkan foto yang baik dari kamera smartphone. Semoga bisa membantu Anda untuk dapat memanfaatkan kamera smartphone Anda dengan baik. Selamat berburu foto!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*